Berikut merupakan soal jawab dari mata kuliah Audit Manajemen pada BAB 2: Pelaporan.
1.
Jelaskan apa yang dimaksud kertas
kerja audit!
Jawab:
Kertas
kerja audit merupakan catatan-catatan yang dibuat dan data-data yang
dikumpulkan auditor secara sistematis pada saat melaksanakan tugas audit. Untuk
memberikan gambaran yang lengkap terhadap proses audit, KKA harus mencerminkan
langkah-langkah kerja audit yang ditempuh, pengujian-pengujian yang dilakukan,
informasi yang diperoleh, dan kesimpulan hasil audit
2.
Jelaskan maksud dan tujuan dalam
pembuatan kertas kerja pemeriksaan!
Jawab:
Maksud
dan tujuan dalam pembuatan KKP adalah agar semua kegiatan pemeriksaan tercatat,
terekam, dan terdokumentasi dengan baik, sehingga dapat dijadikan dasar dan
bukti yang dapat disimpulkan dan dikomunikasikan melalui laporan hasil
pemeriksaan kepada pihak pemakai laporan, dan pihak yang diperiksa.
3. Jelaskan
Manfaat kertas kerja Audit!
Jawab:
Manfaat
KKA antara lain:
· Sebagai dasar
bagi penyusun laporan pemeriksaan atau alat penghubung antara pekerjaan
pemeriksaan dan hasil pemeriksaan
· Alat bagi atasan
langsung untuk mengendalikan dan mengawasi pekerjaan tim auditor dan
melaksanakan tugas pemeriksaan
· Alat pembuktian
yang mendukung laporan pemeriksaan
· Sarana untuk
mengevaluasi seluruh atau bagian hasil pemeriksaan, sumber data atau informasi
bagi kelanjutan pemeriksaan dan perencanaan pemeriksaan berikutnya.