Kamis, 02 April 2020

5 APLIKASI YANG BERMANFAAT UNTUK MAHASISWA


Nama             : Irma Triyani Yahya
NIM               : 90400117095
Kelas              : Akuntansi C

5 APLIKASI YANG BERMANFAAT UNTUK MAHASISWA

1.        WPS Office – Word, Docs, PDF, Note, Slide & Sheet


Dosen maupun mahasiswa sudah pasti selalu bergulat dengan yang namanya dokumen. Pada saat ini, tidak lagi jamannya membuka file dokumen, dengan ribet. Dosen atau mahasiswa bisa memanfaatkan smartphone dengan aplikasi ini, mulai dari dokumen Word, Excel, PDF sampai Powerpoint pasti jadi makanan sehari-hari. Nah, WPS Office + PDF ini bisa membantu dalam mengolah dokumen dari smartphone. Dari membaca, mengedit, sampai membuat dokumen baru bisa dilakukan hanya dengan menggunakan aplikasi ini.
Di zaman modern ini, selain komputer dan internet, aplikasi office seperti: Word/Writer, Excel/Spreadsheet dan Powerpoint/Presentation, merupakan aplikasi dasar yang perlu dipahami dan dikuasai khususnya oleh para Pelajar, Mahasiswa, Guru, TU, Kepala Sekolah, Sekretaris, Penulis, Wartawan, Blogger atau Pengusaha dalam bidang tertentu dan lain sebagainya, sebagai keahlian dasar untuk menunjang pekerjaan sesuai bidangnya masing-masing.
WPS Office (sebelumnya bernama Kingsoft Office) adalah salah satu aplikasi/software/perangkat lunak gratis terbaik pengganti Microsoft (MS) Office yang berbayar. WPS Office di dalam Office Suite-nya sudah termasuk: Writer (pengganti MS Word), Presentation (pengganti MS Powerpoint) dan Spreadsheet (pengganti MS Excel).
Dari segi tampilan, WPS Office sangat mirip dengan Microsoft Office. Jadi, bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word, Excel atau Powerpoint tidak akan terlalu sulit ketika menggunakan WPS Writer, Spreadsheet atau Presentation.
Dari segi kualitas juga tidak perlu diragukan lagi, dengan kata lain WPS Office ini gratis tapi dengan kualitas premium, tidak kalah dengan aplikasi sejenis yang berbayar. Bahkan, WPS Office versi Mobile (untuk smartphone/tablet), walau gratis tapi telah banyak mendapat pengakuan dan penghargaan sebagai salah satu Aplikasi Office Terbaik. Jadi, Anda tidak perlu ragu dengan kualitasnya.

Keunggulan WPS Office, antara lain:
  1. Gratis dan tidak perlu membayar lisensi (versi free), jadi kita tidak perlu repot-repot untuk mencari Software/Aplikasi Bajakan atau Crack, KeyGen, Warez dan Serial Number, yang terkadang disusupi virus/spyware/adware/malware;
  2. User interface/tampilan/antarmuka WPS Office mirip dengan Microsoft Office 2007/2010/2013/2016/2019;
  3. Banyak pilihan untuk mengganti tampilan (theme/skin/style) dengan mudah;
  4. Dapat digunakan dalam berbagai macam sistem operasi, seperti: Windows, Linux, Mac/iOS dan Android;
  5. Bisa membuka dan menyimpan dokumen-dokumen yang dihasilkan dari Microsoft Office (Support format file Microsoft Office);
  6. WPS Office ukuran file-nya cukup kecil dibandingkan MS Office dan tidak rakus memory, serta proses instalasi/pemasangan aplikasi WPS Office juga lebih cepat dari MS Office;
  7. PDF Reader, bisa membuka/membaca file PDF; 
  8. PDF Converter, bisa mengkonversi/merubah file office ke format PDF;
  9. WPS Office mendukung lebih dari 50 bahasa, termasuk bahasa indonesia;
  10. Memiliki fitur tab, bisa mengerjakan beberapa file dalam satu jendela, seperti membuka tab baru di browser/peramban. Fitur ini tidak dimiliki oleh Microsoft Office;
  11. WPS Office 2019 telah memiliki fitur All In One Mode (all tabs in one window); bisa membuka Document/Word, Spreadsheets/Excel, Presentation/Powerpoint dan PDF dalam satu jendela secara bersamaan. Fitur ini juga tidak dimiliki oleh Microsoft Office.

Fungsi dan Kegunaan:
 
-          WPS Office Writer / Microsoft Word adalah sebuah program aplikasi pengolah data berupa huruf/kata yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen, persuratan dan lain lain.
-          WPS Office Spreadsheet / Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik, menajemen data dan lain-lain.
-          WPS Office Presentation / Microsoft Powerpoint adalah program aplikasi yang berguna untuk membuat presentasi dalam bentuk slide, biasanya digunakan untuk keperluan presentasi, mengajar dan untuk membuat animasi sederhana.

Kelemahan WPS Office, antara lain:
Ada beberapa catatan penting mengenai performa WPS Office khususnya dalam menggunakan fitur-fiturnya. Ada beberapa fitur yang ketika digunakan tidak semudah menggunakan fitur yang sama pada Microsoft Office. Sebagai contoh fitur editing bullets and numbering WPS Office yang tidak semudah Microsoft Office. Begitu juga dengan fitur pengaturan column hingga printing option yang tidak senyaman dan semudah Microsoft Office. Khusus untuk proses pencetakan pada spreadsheets, butuh waktu yang cukup lama untuk menemukan berbagai macam fitur yang biasanya digunakan pada excel. Bahkan pada satu kesempatan terpaksa harus mencetak melalui excel karena belum berhasil melakukan pengaturan fitur print selectionscale fit to one page dan reduce/enlarge document sehingga hasil pencetakan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Hal ini menjadi sangat mudah dilakukan ketika bekerja dengan menggunakan Microsoft Excel. Menjadi suatu hal yang sia-sia, ketika kita masih harus menginstall dan menggunakan excel hanya untuk mencetak.

2.        Evernote
Mencatat merupakan kegiatan yang tidak bisa dihidarkan dalam perkuliahan, baik utuk mahasiswa maupun dosen. Aplikasi ini sangat berguna, dalam aplikasi ini kita bisa menulis apapun yang kita mau. Mulai dari catatan materi yang akan disampaikan oleh seorang dosen, atau materi kuliah yang disampaikan dosen untuk mahasiswa. Kerennya lagi, kita bisa menyisipkan foto dan rekaman suara ke dalam catatanmu. Mulai sekarang sepertinya kamu bisa memikirkan untuk menyisihkan catatan kertas konvensional.
Evernote merupakan jenis software office, adapun kegunaannya untuk mencatat sesuatu hal seperti ide, pelajaran penting dan yang semacamnya, sehingga jadilah aplikasi evernote sebagai software pencatat yang dapat dimanfaatkan, dan kali ini kita akan membahas tentang fitur dan kelebihan yang dimiliki aplikasi Evernote Android.
Evernote sebenarnya dapat digunakan di desktop, iPhone dan Androidaplikasi pencatat segala sesuatu yang serbaguna ini memiliki banyak kegunaaan dan juda kemudahan dalam setiap penggunaan fitur-fiturnya, sehingga Anda juga dapat berkreasi dengan bantuan aplikasi evernote ini.
Pendaftaran online diperlukan untuk setup awal. Selanjutnya kita dapat menggunakan Evernote secara offline, tetapi catatan anda tidak masuk ke server Evernote. Sungguh lebih baik lagi jika anda menggunakan Evernote secara online, tetapi bukan berarti kemana-mana anda harus membawa laptop ataupun notebook. Selagi ada handphone ataupun perangkat kecil lain yang bisa menghubungkan anda ke internet, Evernote masih bisa digunakan.
Akun gratis Evernote dibatasi 40 MB storage per bulan, jika kita mnggunakan lebih dari batasan akun gratis tersebut anda tidak dapat menambah catatan lagi. Tetapi jika anda bersedia membayar, anda dapat memasukkan data lebih dari 40 MB per bulan. Bukan angka yang kecil 40 MB dalam jangka waktu satu bulan untuk membuat catatan. Saya rasa 40 MB per bulan itu lebih dari cukup untuk menampung catatan yang kita punya.
Fitur dan kelebihan aplikasi Evernote:
Aplikasi ini juga diberikan secara free, sehingga kita dapat memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Evernote dengan gratis. Walaupun memang dengan menggunakan versi yang berbayar akan mendapatkan fitur yang lebih. Evernote akhir-akhir ini memperbarui fiturnya untuk para pengguna Android, seperti tampilannya dan beberapa hal (fitur) lainnya yang akan dipaparkan dibawah ini.
-          Tampilan Aplikasi yang lebih fresh
Hal pertama yang dilakukan oleh pengembang aplikasi Evernote dalam memperbarui aplikasinya adalah masalah tampilan, dengan tampilan yang baru maka aplikasi akan terlihat lebih fresh. Dengan pembaruan tampilan aplikasi Evernote ini juga membuat aplikasi tersebut terlihat lebih bersih dan juga indah. Seperti pada fitur / bagian Daftar catatan yang diperbarui desainnya dengan membuat ikon yang indah.
-          Fitur Pintasan
Anda dapat mencari atau mengakses catatan penting yang Anda buat dengan mudah dan cepat, dengan menggunakan fitur Pintasan. Anda dapat mengakses berbagai catatan, label, buku serta berbagai tumpukan Buku catatan yang penting, Anda dapat melakukan itu semua dengan sekali tekan saja. Sehingga dengan menggunakan fitur ini dapat menghemat waktu dan juga tenaga.
-          Evernote terintegerasi dengan OfficeSuite
Dengan terintegrasinya Evernote dengan aplikasi OfficeSuite sehingga anda dapat mengelola file-file dokumen tersebut pada smatphone Android. Fitur ini sangat berguna apabila Anda ingin mengelola file dokumen, tetapi sedang berada jauh di luar rumah yang menjadikan Anda jauh juga dari komputer. Anda dapat melakukan pekerjaan tersebut pada smartphone Android (yang terinstal evernote)
-          Fitur Kamera multipotret
Adapun kegunaan dari fitur Kamera multipotret adalah dapat membuat kita mengambil banyak foto sekaligus dengan mudah. Fitur ini merupakan fitur yang terbilang cukup istimewa, Anda dapat memanfaatkan fitur ini dengan berbagai hal.
-          Mengelola file PDF
Dengan menggunakan Aplikasi evernote pada smartphone Android, Anda juga dapat melampirkan dokumen sehingga Anda dapat mengelola file PDF secara langsung. Sehingga fitur ini sangat berguna untuk orang yang sering bekerja dengan file / bekas dengan format PDF.
-          Menyimpan catatan fisik
Dan pada Evernote ini juga terdapat fitur untuk menyimpan berbagai catatan fisik di Evernote dengan menggunakan fitur Kamera Halaman. Anda dapat menulis sesuatu pada sebuah kertas kemudian dengan kecanggihan Evernote dapat mendeteksi tulisan tersebut dan juga tepi / ujung-ujung kertas, evernote juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan bayangan yang ada sehingga membuat hasilnya lebih bersih ketika Anda menaruhnya di akun Evernote milik Anda.
Dengan teknologinya yang canggih, Evernote juga dapat menjadikan teks tulisan tangan dapat dicari dan dideteksi. Sehingga evernote dapat menjadi aplikasi yang cukup sempurna dalam menyimpan semua jenis berkas dengan fitur pencarian yang bagus, apabila Anda memiliki banyak berkas yang seperti MS.word, iWorks, OpenOffice dan yang sebagainya.
-          Mengelola daftar pekerjaan pada dokumen
Anda dapat membuat urutan dokumen catatan satu per satu yang ingin anda kerjakan, sehingga dengan mengurutkan daftar catatan dokuman, maka pekerjaan dapat menjadi rapi.

Kelemahan Aplikasi Evernote, sebagai berikut:
Salah satu kelemahan Evernote adalah bahwa Evernote belum dirancang untuk menyinkronkan data yang kita miliki dengan pengguna lain. Dan juga sayangnya, fitur versi gratis terbatas dan bandwidth perbulan. Tetapi lebih baik memanfaatkannya ketimbang kehilangan data dan bisa di akses di mana saja tergantung ketersedian jaringan internet. Kita juga tidak bisa meng-share data yang kita punya dengan pengguna Evernote yang lain.
Kelemahan lainnya yaitu Checklist dan Reminder, dimiliki oleh ColorNote, serta Paintnote milik Note Everything. Untuk saat ini, perpaduan antara ColorNote dengan Evernote akan menjadikan gadget Android Anda memiliki aplikasi notepad terlengkap. Tidak adanya Paintnote pada aplikasi Evernote bukanlah suatu masalah, karena fitur ini tidak memiliki fungsi yang signifikan. Tetapi apabila Anda menyukai kegiatan corat-coret menggunakan handset Android, Anda bisa menambahkan aplikasi Note Everything.

3.        CamScanner – Scanner to scan PDF


Sebagai dosen atau mahasiswa terkadang sering mendapat dokumen berbentuk hardcopy. Akan tetapi, malas untuk membawanya. Nah, CamScanner ini fungsinya untuk men-scan berkas-berkas itu. Hasil scan yang keluar sangat jernih mirip dengan aslinya atau mirip dengan menggunakan alat scan biasa.
CamScanner membantu Anda memindai, menyimpan, menyinkronkan, dan berkolaborasi pada berbagai konten di smartphone, iPad, tablet, dan komputer.

Keunggulan CamScanner:
-          Mendigitalkan Dokumen dengan Cepat
Cukup gunakan kamera ponsel Anda untuk memindai dan mendigitalkan semua jenis dokumen kertas: kwitansi, catatan, faktur, diskusi papan tulis, kartu nama, sertifikat, dll.
-          Optimalkan Kualitas Pemindaian
Pemangkasan cerdas dan peningkatan otomatis memastikan teks dan gambar dalam dokumen yang dipindai jelas dan tajam dengan warna dan resolusi premium.
-          Ekstrak Teks dari Gambar
Fitur OCR (pengenalan karakter optik) mengenali teks dalam gambar dokumen dan mengekstraknya dari gambar untuk pencarian, pengeditan, atau berbagi nanti.
-          Bagikan File PDF / JPEG
Mudah berbagi dokumen dalam format PDF atau JPEG dengan teman-teman melalui berbagai cara: memposting di media sosial, mengirim lampiran atau tautan unduhan dokumen melalui email.
-          Dokumen AirPrint & Fax
Secara instan mencetak semua dokumen dalam CamScanner dengan printer terdekat melalui AirPrint; langsung pilih dokumen dan faks ke lebih dari 30 negara dari aplikasi.
-          Pengeditan Dokumen Tingkat Lanjut
Buat anotasi pada dokumen dengan seperangkat alat pengeditan. Juga menambahkan tanda air yang disesuaikan tersedia untuk menandai dokumen Anda sendiri.
-          Pencarian Cepat
Ketika Anda memiliki banyak dokumen, Anda dapat menggunakan Tag untuk mengategorikan dan dengan mudah menemukannya. Selain itu, OCR untuk Pencarian membantu Anda menemukan teks di dalam gambar dan catatan. Cukup masukkan satu kata kunci, Anda dapat dengan cepat menemukan dokumen yang Anda inginkan. (Khusus pendaftar)
-          Mengamankan Dokumen Penting
Jika Anda ingin melindungi konten rahasia, Anda dapat mengatur kode sandi untuk melihat dokumen penting; juga, saat mengirim tautan unduhan dokumen, Anda dapat mengatur kata sandi untuk melindungi orang lain dari melihatnya.
-          Sinkronisasi di seluruh Platform
Daftar untuk menyinkronkan dokumen saat bepergian. Cukup masuk ke ponsel cerdas, tablet, atau komputer mana saja (kunjungi www.camscanner.com) dan Anda dapat melihat, mengedit, dan berbagi dokumen apa pun. (Khusus pendaftar)

Pengguna CamScanner memindai dan mengelola
a.       Tagihan, Faktur, Kontrak, Daftar Pajak, Kartu Bisnis ...
b.      Papan tulis, Memo, Script, Surat ...
c.       Papan Tulis, Catatan, PPT, Buku, Artikel ...
d.      Kredensial, Sertifikat, Dokumen Identitas ...

Kelemahan CamScanner:
-          Hasil foto tergantung kualitas kamera HP.
-          Tidak mendukung OCR kecuali membayar atau upgrade ke premium dengan biaya sekitar $4.99 per bulan.
-          Versi gratis menyertakan watermark pada setiap hasil scan
Namun, yang sangat disayangkan, walaupun aplikasi ini tersedia di semua play store android type manapun, tapi tidak semua type compatible terhadap aplikasi yang satu ini.

4.        U-Dictionary: Kamus & Pembelajaran Bahasa Inggris


Kamus Bahasa Inggris paling terpercaya & penerjemah banyak bahasa yang canggih. Aplikasi Pengembangan diri terbaik & Aplikasi terbaik di Google Play’s. Sekarang bisa menerjemahkan antara dua bahasa dari 108 bahasa.
U-Dictionary menyediakan kamus 44 bahasa yang berkembang, Kamus Collins Advanced, Kamus WordNet, Kalimat Dwibahasa, Kalimat Contoh, Sinonim, Antonim, Frasa, dan lainnya. Dan juga, U-Dictionary di lengkapi dengan artikel bahasa inggris, game, dan kuis yang dapat membantu memperkuat tingkat Bahasa Inggris pengguna.
Kelebihan U-Dictionary yang bisa membuat kamu cepat belajar bahasa Inggris adalah sebagai berikut:
a.         Terjemahkan Gambar dengan Kamera
Tidak paham bahasa Inggris yang terpampang di papan penguman saat nonton ASIAN Games atau saat jalan-jalan ke luar negeri? Tenang, kamu bisa menerjemahkan bahasa Inggris yang terpampang di tempat mana saja langsung menggunakan kamera. Cukup scan, tanpa perlu repot-repot ngetik ulang, artinya pun langsung muncul dalam bahasa Indonesia.

Cukup membantu bukan? Gak cuma memudahkan saat kamu kebingungan, fitur ini juga memudahkan kamu belajar bahasa Inggris kapan saja di mana saja.
b.        Belajar Bahasa Inggris dari Lockscreen Android
Selain bisa belajar bahasa Inggris pake kamera, dengan menginstall U-Dictionary di Android, kamu bisa belajar bahasa Inggris langsung dari lockscreen smartphone. Jadi setiap kali kamu membuka lockscreen, secara langsung kamu akan disuguhi kosakata bahasa Inggris baru yang bisa dipelajari.

Serunya lagi, jika kata di lockscreen-nya di tap, langsung keluar juga artinya. Jadi semakin sering membuka lockscreen, semakin banyak kosakata baru yang kamu pelajari.
c.         Main Game untuk Belajar Bahasa Inggris
Pake U-Dictionary, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan mudah dan seru. Jadi di dalam aplikasi belajar bahasa Inggris ini kamu bisa menambah kosakata baru lewat game yang disediakan di dalamnya.

Ada Synonym Game, Spelling Quiz, dan Words for Today yang bisa kamu mainkan. Keberadaan fitur ini secara gak langsung sangat membantu, karena kamu bisa mempelajari bahasa Inggris secara seru, tanpa merasa dibebani. Makanya, cobain deh pake aplikasi untuk belajar bahasa Inggris di smartphone ini.
d.        Belajar Baca Artikel Bahasa Inggris.
Selama melakukan review U-Dictionary, JalanTikus merasa terbantu oleh keberadaan artikel yang disajikan di dalamnya. Artikelnya dikemas dalam bahasa Inggris ragam santai, jadi kita bisa belajar membaca bahasa Inggris dan sekaligus menambah wawasan.


Jika ada bagian artikel bahasa Inggris yang tidak kamu pahami di U-Dictionary, kamu tinggal lakukan selection dan pilih Copy. Secara otomatis U-Dictionary akan menerjemahkan artikelnya untuk kamu.
e.         Menerjemahkan Ucapan Orang


Bingung mengartikan omongan orang yang berbicara dalam bahasa Inggris? Tenang, aplikasi belajar bahasa Inggris U-Dictionary telah dilengkapi dengan fitur Voice Translate yang bisa menerjemahkan per kata atau frase. Jadi cukup dekatkan speaker ke suara pembicara, maka secara otomatis U-Dictionary akan menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa mana pun yang kamu pilih.
f.         Berbahasa Inggris Kapan Saja di Mana Saja.
Beda lingkungan, beda cara menggunakan Bahasa Inggris-nya kan? Nah, di update terbaru U-Dictionary, aplikasi penerjemah Bahasa Inggris dan belajar Bahasa Inggris ini semakin pintar karena bisa memenuhi kebutuhan Bahasa Inggris kamu di berbagai skenario berbeda. Misalnya saat belajar, bekerja, atau bepergian ke luar negeri.
Kekurangan U-Dictionary, antara lain:
-          Terjemahan kata mengunakan kamera (OCR)
Aplikasi U-Dictionary ada masalah di dalam kamera sehingga menterjemahkannya tidak sesuai dengan keinginan kita.
-          Terdapat iklan-iklan di dalamnya
Aplikasi U-Dictionary ini terdapat iklan-iklan yang menganggu dalam menerjemahkan kata-kata atau kalimat.
-          Beberapa bahasa yang belum terdownload
Kamus U-Dictionary ini menyediakan 38 bahasa namun kita hanya mendapatkan 2 bahasa yang sudah bisa langsung digunakan yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sedangkan bahasa-bahasa yang lain belum bisa digunakan karena kita harus download bahasa tersebut terlebih dahulu agar bisa digunakan.

5.      Todoist: To-Do List, Tasks & Reminders


Todoist adalah sebuah layanan pengelola daftar pekerjaan (task manager) yang diluncurkan oleh Amir Salifehendic pada tahun 2007 dan kini sudah memiliki lebih dari 5 juta pengguna. Todoist bisa diakses melalui browser dan aplikasinya juga tersedia di beragam sistem operasi, Windows, Chrome, macOS dan bahkan sebagai browser extensions. Hal ini sangat mempermudah sekali untuk melihat tugas apa yang harus diselesaikan. Freemium menjadi model bisnis Todoist. Layanannya bisa digunakan secara gratis. Keunggulannya adalah sebagai berikut:

Tampilan yang sederhana, mudah dipahami dan digunakan
       Memberikan pengalaman pengguna yang baik ketika layanan yang dimiliki tersedia di berbagai platfom bukan soal yang mudah. Namun tidak bagi Todoist. Tampilannya konsisten, mudah dipahami dan digunakan. Setidaknya itu pengalaman yang saya dapat ketika menggunakan Todoist. Ada 4 bagian utama di Todoist:
-          Inbox
-          Today
-          Next 7 days
-          Tab Projects, Labels dan Filters
Pada bagian bawah di iPhone dan iPad, terdapat sebuah tombol dengan simbol + untuk membuat entri pekerjaan baru. Biasanya, saya mengkategorikan daftar pekerjaan yang saya miliki ke dalam Projects. Kamu juga bisa menambahkan due date serta reminders untuk memunculkan notifikasi.


Daftar tugas yang kamu miliki ditampilkan dengan rapi oleh Todoist. Terdapat sebuah titik berwarna sebagai penanda Projects, begitu pula Labels.
Memiliki fitur natural language untuk mempermudah pengelolaan daftar tugas
Bagi penganut metode produktivitas GTD pasti sudah paham bahwa ada langkah clarify setelah memasukkan daftar pekerjaan pada sebuah sistem tertentu. Begitu pula ketika menggunakan Todoist. Saya mengkategorikan daftar kerja ke dalam sebuah Projects di Todoist. Jika saya perlu menyelesaikannya sebelum tenggat waktu tertentu, tinggal tambahkan due date atau reminders.
Karena Todoist memiliki fitur natural language, menambahkan hingga mengelola daftar pekerjaan menjadi sangat mudah. Saya cukup tap pada tombol + di Todoist dan ketik
Post Todoist review on Tue 2pm #blogging @unappologetic
yang akan secara otomatis tersimpan di projects bernama Blogging dengan label unappologetic serta memiliki due date hari Selasa pukul 14.00.
Apabila kamu memiliki pekerjaan yang rutin dilakukan dalam rentang waktu tertentu, fitur natural language di Todoist juga dengan mudah menerjemahkannya, berikut beberapa contohnya:
Pick up laundry every Sat at 8pm #personal
Todoist akan membuat sebuah daftar kerjaan Pick up laundry dengan due date tiap hari sabtu jam 20.00 di Projects Personal. Contoh yang lebih kompleks lagi:
Attend LIA course every tue and fri start 1 jun to 31 sept #personal @courses
yang akan tersimpan di Todoist sebagai Attend LIA Course dengan notifikasi pengingat tiap hari kamis dan jumat setiap jam 7 malam dan dimulai dari tanggal 1 Juni hingga 31 September di Projects Personal dengan label courses.
Selain natural language, Todoist juga memiliki fitur Smart Schedule dengan bantuan teknologi AI. Smart Schedule akan memilihkan waktu yang tepat untuk setiap daftar pekerjaan yang sudah melewati due date. Tentu dengan menganalisa terlebih dahulu seberapa padat jadwal kerjamu lewat daftar yang tersimpan. Untuk menggunakannya, kamu tinggal tekan pada tombol Reschedule yang akan muncul pada bagian pojok kanan atas dari deretan daftar pekerjaan yang sudah overdue.
Miliki fitur kolaborasi, mendukung penambahan attachments hingga komentar
Todoist juga bisa digunakan untuk mengelola pekerjaan pada sebuah tim berkat fitur kolaborasi. Kamu bisa mengundang teman dan berbagi daftar pekerjaan pada sebuah projects, menambahkan attachments hingga berdiskusi lewat kolom komentar yang disediakan. Ya, mengelola daftar pekerjaan dalam sebuah tim menjadi jauh lebih mudah karena beragam fitur yang dibutuhkan ada di satu tempat.
Dapat terintegrasi dengan layanan otomasi lainnya dengan mudah
Salah satu alasan lain mengapa saya memilih Todoist adalah layanan ini dapat diintegrasikan dengan mudah. Contoh paling gampangnya adalah integrasi dengan layanan web automation seperti IFTTT atau Zapier. Banyak applet-pada IFTTT dan zap-pada Zapier yang siap untuk digunakan. Berikut beberapa contohnya:

Selain integrasi dengan layanan web, aplikasi Todoist di iOS juga dilengkapi skema url. Dengan memanfaatkan skema url, Todoist bisa diakses lebih mudah oleh aplikasi lain semacam Drafts, Launch Center Pro, Workflow dan masih banyak lagi.
Share extensions dan Today Widget

Layaknya aplikasi lain, Todoist memiliki share extensions dan today widget di Notifications Center. Share extensions bermanfaat untuk menambahkan entri baik dari Safari ataupun aplikasi lain. Jika diaktifkan dari Safari, Todoist akan langsung menggunakan nama tab dan tautan sebagai nama entri yang bisa di-tap.
Sedangkan pada Today Widget, kamu bisa mengetahui informasi pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan pada hari tersebut. Kamu juga bisa membuka Todoist ataupun menambah entri daftar dari tombol Add Task.
Todoist membuat pengelolaan daftar pekerjaan menjadi lebih mudah
Beragam aplikasi to-do list sudah pernah saya coba. Mulai dari yang tersedia hanya di platform sistem operasi milik Apple, seperti OmniFocus atau Things, hingga yang berbasis web seperti Trello atau Wunderlist. Namun pada akhirnya saya tetap kembali menggunakan Todoist. Pertama, Todoist tersedia di hampir semua sistem operasi membuatnya mudah diakses dan kedua, fitur natural language-nya membuat langkah mengorganisir daftar yang tersimpan di Todoist menjadi lebih mudah.
Kelemahan Todoist, antara lain:
Fitur Labeling hanya bisa digunakan untuk akun yang sudah melakukan pembayaran atau premium. Tidak hanya labelingcomments, dan reminder juga tidak bisa dinikmati karena fitur tersebut masuk sebagai fitur premium dari Todoist.

Tidak ada komentar: