Kamis, 24 September 2020

Soal Jawab: Pelaporan

 Berikut merupakan soal jawab dari mata kuliah Audit Manajemen pada BAB 2: Pelaporan.

 

1.      Jelaskan apa yang dimaksud kertas kerja audit!

Jawab:

Kertas kerja audit merupakan catatan-catatan yang dibuat dan data-data yang dikumpulkan auditor secara sistematis pada saat melaksanakan tugas audit. Untuk memberikan gambaran yang lengkap terhadap proses audit, KKA harus mencerminkan langkah-langkah kerja audit yang ditempuh, pengujian-pengujian yang dilakukan, informasi yang diperoleh, dan kesimpulan hasil audit

 

2.      Jelaskan maksud dan tujuan dalam pembuatan kertas kerja pemeriksaan!

Jawab:

Maksud dan tujuan dalam pembuatan KKP adalah agar semua kegiatan pemeriksaan tercatat, terekam, dan terdokumentasi dengan baik, sehingga dapat dijadikan dasar dan bukti yang dapat disimpulkan dan dikomunikasikan melalui laporan hasil pemeriksaan kepada pihak pemakai laporan, dan pihak yang diperiksa.

 

3.      Jelaskan Manfaat kertas kerja Audit!

Jawab:

Manfaat KKA antara lain:

·  Sebagai dasar bagi penyusun laporan pemeriksaan atau alat penghubung antara pekerjaan pemeriksaan dan hasil pemeriksaan

·      Alat bagi atasan langsung untuk mengendalikan dan mengawasi pekerjaan tim auditor dan melaksanakan tugas pemeriksaan

·      Alat pembuktian yang mendukung laporan pemeriksaan

·    Sarana untuk mengevaluasi seluruh atau bagian hasil pemeriksaan, sumber data atau informasi bagi kelanjutan pemeriksaan dan perencanaan pemeriksaan berikutnya.

 

Soal Jawab: Langkah-Langkah Audit Manajemen

Berikut merupakan soal jawab dari mata kuliah Audit Manajemen pada BAB 1: Konsep Dasar Audit Manajemen, terkait dengan Langkah-Langkah Audit Manajemen.

 

  1. Mengapa perlu dilakukan audit pendahuluan?

Jawab :

Audit pendahuluan dilakukan untuk mendapatkan informasi latar belakang terhadap objek yang diaudit. Di samping itu, pada audit ini juga dilakukan penelaahan terhadap berbagai peraturan, ketentuan dan kebijakan berkaitan dengan aktivitas yang diaudit, serta menganalisis berbagai informasi yang telah diperoleh untuk mengidentifikasi hal-hal yang potensial mengandung kelemahan pada perusahaan yang diaudit. Dari informasi latar belakang ini, auditor dapat menentukan tujuan audit sementara (tentative audit objective). Dalam tahap audit ini audito dapat menentukan beberapa tujuan audit sementara.

 

  1. Tindakan apa yang harus dilakukan auditor setelah menemukan bahwa ada langkah audit yang dihilangkan dari program audit?

Jawab:

Ketika auditor menemukan ada langkah audit yang telah dihilangkan, auditor harus menilai kepentingan hal itu bagi kemampuannya saat ini untuk mendukung pendapat yang dinyatakan atas laporan keuangan. Selanjutnya Apabila dasar yang memuaskan untuk menyatakan pendapat telah diperoleh dan bukti-bukti mendukung pendapat yang dinyatakan, auditor tidak mempunyai tanggung jawab lagi. Tetapi, jika pelaksanaan prosedur yang dihilangkan mengungkapkan fakta yang ada pada tanggal laporan sehingga akan mengubah pendapat yang dinyatakan sebelumnya, auditor harus mengikuti prosedur pemberitahuan yang diuraikan dalam paragraf terakhir dari bagian terdahulu untuk mencegah ketergantungan selanjutnya atas laporan bersangkutan. Jika auditor tidak dapat melaksanakan prosedur alternatif atau yang dihilangkan, maka auditor dapat berkonsultasi dengan pengacara untuk menentukan tindakan yangtepat.

 

  1. Sebutkan hal-hal penting yang harus diperhatikan dengan pelaksanaan audit pendahuluan?

Jawab :

·         Pemahaman auditor terhadap objek

·         Penentuan tujuan audit

·         Penentuan ruang lingkup dan tujuan audit

·         Review terhadap peraturan dan perundang undangan yang berkaitan dengan objek audit

·         Pengembangan kriteria awal dalam audit

 

Soal Jawab: Konsep Dasar Audit Manajemen

Berikut merupakan soal jawab dari mata kuliah Audit Manajemen pada BAB 1: Konsep Dasar Audit Manajemen.

 

  1. Berikan penjelasan tentang definisi audit manajemen?

Jawab :

Audit Manajemen (management audit) adalah pengevaluasian terhadap efisiensi dan efektivitas operasi perusahaan. Dalam konteks audit manajemen, manajemen meliputi seluruh operasi internal perusahaan yang harus dipertanggung jawabkan kepada berbagai pihak yang memiliki wewenang yang lebih tinggi.

 

  1. sebutkan dan jelaskan jenis-jenis audit manajemen?

Jawab:

            Jenis-jenis Audit Manajemen meliputi:

·   Audit Kepatuhan (compliance audit), auditor berusahan mendapatkan dan mengevaluasi informasi untuk menentukan apakah pengelolaan keuangan, operasi atau aktivitas yang lain dari suatu entitas telah sesuai dengan kriteria, kebijakan atau regulasi yang mendasarinya.

·     Audit Internal (internal auditing), auditor melakukan penilaian secara independen terhadap berbagai aktivitas dalam memberikan jasanya kepada perusahaan.

·  Audit Operasional (operasional audit), memfokuskan penilaiannya oada efisiensi dan efektivitas operasi entitas.

·     Audit Keuangan (financial audit), audit ini dilaksanakan dengan melakukan pengkajian dan penilaian terhadap sistem pelaporan akuntansi dan keuangan.

 

  1. Mengapa perlu dilakukan audit manajemen dalam perusahaan atau organisasi bisnis?

Jawab:

Suatu perusahaan harus melakukan audit manajemen Karena jika suatu perusahaan/organisasi tanpa audit majamenen semua rencana yang telah disusun tidak akan berjalan dengan lancar, karna suatu kgiatan pasti diataur dan terorganisir dalam bidang-bidang tersebut.

 

  1. Tuliskan ruang lingkup beserta tujuan dari audit manajemen dan audit keuangan?

            Jawab:

·   Ruang linkup Audit Manajemen yaitu keseluruhan fungsi manajemen dan unit-unit yang terkait didalamnya. Hal ini  berupa aktivitas/program atau bagian tertentu yang dilakukan. Tujuan dilakukannya audit manajemen yaitu untuk mencapai perbaikan atas berbagai program/aktivitas dalam pengelolaan perusahaan yang masih memerlukan perbaikan. Oleh karena itu, audit manajemen dirancang untuk menemukan kelemahan dalam operasional perusahaan.