Kamis, 24 September 2020

Soal Jawab: Langkah-Langkah Audit Manajemen

Berikut merupakan soal jawab dari mata kuliah Audit Manajemen pada BAB 1: Konsep Dasar Audit Manajemen, terkait dengan Langkah-Langkah Audit Manajemen.

 

  1. Mengapa perlu dilakukan audit pendahuluan?

Jawab :

Audit pendahuluan dilakukan untuk mendapatkan informasi latar belakang terhadap objek yang diaudit. Di samping itu, pada audit ini juga dilakukan penelaahan terhadap berbagai peraturan, ketentuan dan kebijakan berkaitan dengan aktivitas yang diaudit, serta menganalisis berbagai informasi yang telah diperoleh untuk mengidentifikasi hal-hal yang potensial mengandung kelemahan pada perusahaan yang diaudit. Dari informasi latar belakang ini, auditor dapat menentukan tujuan audit sementara (tentative audit objective). Dalam tahap audit ini audito dapat menentukan beberapa tujuan audit sementara.

 

  1. Tindakan apa yang harus dilakukan auditor setelah menemukan bahwa ada langkah audit yang dihilangkan dari program audit?

Jawab:

Ketika auditor menemukan ada langkah audit yang telah dihilangkan, auditor harus menilai kepentingan hal itu bagi kemampuannya saat ini untuk mendukung pendapat yang dinyatakan atas laporan keuangan. Selanjutnya Apabila dasar yang memuaskan untuk menyatakan pendapat telah diperoleh dan bukti-bukti mendukung pendapat yang dinyatakan, auditor tidak mempunyai tanggung jawab lagi. Tetapi, jika pelaksanaan prosedur yang dihilangkan mengungkapkan fakta yang ada pada tanggal laporan sehingga akan mengubah pendapat yang dinyatakan sebelumnya, auditor harus mengikuti prosedur pemberitahuan yang diuraikan dalam paragraf terakhir dari bagian terdahulu untuk mencegah ketergantungan selanjutnya atas laporan bersangkutan. Jika auditor tidak dapat melaksanakan prosedur alternatif atau yang dihilangkan, maka auditor dapat berkonsultasi dengan pengacara untuk menentukan tindakan yangtepat.

 

  1. Sebutkan hal-hal penting yang harus diperhatikan dengan pelaksanaan audit pendahuluan?

Jawab :

·         Pemahaman auditor terhadap objek

·         Penentuan tujuan audit

·         Penentuan ruang lingkup dan tujuan audit

·         Review terhadap peraturan dan perundang undangan yang berkaitan dengan objek audit

·         Pengembangan kriteria awal dalam audit

 

  1. Bagaimana pemahaman auditor terhadap objek audit?

Jawab :

Pemahaman auditor terhadap objek audit yaitu dengan pemahaman terhadap tujuan perusahaan dan berbagai bentuk kegiatannya. Selain itu juga pemahaman terhadap objek audit, auditor harus mendapatkan informasi tentang Sumber daya (kapasitas aktivitas) yang dimiliki objek audit dalam melaksanakan berbagai kegiatana. Disamping itu, metode operasi (cara pelasanaan kegiatan) juga harus menjadi perhatian penting karena dari hubungan antara metode operasi dengan ketersediaan sumber daya, auditor akan mendapatkan informasi awal apakah suatu kegiatan telah dilaksanakan dengan ekonomis, efisien, dan efektif dalam mencapai tujuannya.

 

  1. Dalam merumuskan tujuan audit, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan oleh auditor. Sebutkan!

Jawab :

·         mengidentifikasi tujuan yang ada, yang mungkin mempunyai arti penting pada pemberi tugas

·         Mempertimbangkan tujuan audit yang telah ditetapkan pada masa sebelumnya

·         Mempertimbangkan aktivitas - aktivitas yang memiliki resiko kegagalan yang tinggi.

·         Membahas dengan pemberi tugas dan pengelola objek audit

 

  1. Penentuan sasaran audit harus mengacu kepada tujuan dan ruang lingkup audit yang telah ditentukan. Dalam penentuan sasaran audit, terdapat beberapa elemen dalam setiap sasaran audit. Sebutkan dan jelaskan sasaran elemen tersebut?

Jawab :

Elemen sasaran audit yaitu:

·         kriteria, dimana merupakan norma, standar atau sekumpulan standar yang menjadi panduan setiap individu (kelompok) dalam melakukan aktivitas nya sebagai pelaksanaan atas wewenang dan tanggungjawab yang telah diberikan. Standar/norma ini dipergunakan untuk menilai aktivitas atau hasil aktivitas dari setiap individu/kelompok pada objek audit.

·         penyebab, merupakan tindakan atau aktivitas aktual yang dilakukan oleh setiap individu (kelompok) yang terdapat pada objek audit.

·         akibat, merupakan hasil pengukuran dan pembandingan antara aktivitas individu (kelompok) dengan kriteria yang telah ditetapkan terhadap aktivitas tersebut.

 

  1. Jelaskan mengapa perlu dilakukannya tahap sistem review yang efektif?

            Jawab:

Sistem review merupakan suatu sistem yang bertujuan sebagai bentuk pengendalian teradap proses yang menyangkut bagaimana pihak-pihak yang berwenang melakukan review terhadap berbagai aktivitas/kegiatan yang dilakukan. Dalam hal ini manajemen harus menetapka sasaran yang ingin dicapai dan tolok ukur pengukuran ekonomisasi,sefisiensi dan efektivitas pelaksanaan. Oleh karena itu Terkait dengan sistem review yang efektif, pelaksana supervisi harus dilaksanakan secara memadai, dan supervisor harus mampu mengarahkan pelaksanaan prosedur berjalan secara ekonomis, efektid dan efisien sesuai dengan kebijakan yang telah ditentukan. 

 

  1. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan auditor dalam melakukan review dan pengujian terhadap pengendalian manajemen perusahaan. Sebutkan hal-hal  tersebut!

Jawab:

Hal-hal perlu diperhatikan auditor dalam me-review dan pengujian yaitu :

·         Menetapkan tingkat penting (significance) dan kepekaan (sensitivity) hal-hal pokok dari program/aktivitas yang diaudit.

·         Menilai tingkat kerentanan program/aktivitas tersebut terhadap penyalahgunaan sumber daya, kegagalan pencapaian sasaran dan ketidaktaatan terhadap ketentuan, peraturan, dan kebijakan yang ditetapkan perusahaan.

·         Mengidentifikasi dan memahamii pengendalian-pengendalian manajemen yang relevan.

·         Menetapkan apa yang sudah diketahui tentanf efektivitas pengendalian.

·         Menilai kecukupan desain pengendalian.

·         Menetapkan melalui pengujian apakah pengendalian-pengendalian yang ada sudah cukup efektf.

·         Melaporkan hasil-hasil penilaian anajemen dan mendiskusikan tindakan-tindakan perbaikan yang diperlukan.

 

  1.  Jelaskan tujuan dilakukannya tahap audit lanjutan!

Jawab :

Audit tahap lanjutan bertujuan untuk memperoleh bukti yang cukup untuk mendukung tujuan audit yang sesungguhnya, yang telah ditetapkan berdasarkan hasil review dan pengujian pengendalian manajemen. Auditor harus mampu mengungkapkan lebih lanjut dan menganalisis semua informasi yang berkaitan dengan tujuan audit.

 

  1. Sebutkan langkah-langkah audit pada tahap audit lanjutan!

Jawab :

Langkah-langkah audit pada tahap audit lanjutan, yaitu:

·         Mengumpulkan tambahan informasi latar belakang objek audit yang diperlukan.

·         Memperoleh bukti-bukti yang relevan, material, dan kompeten.

·         Membuat ringkasan atas bukti yang telah diperoleh dan mengelompokkannya ke dalam kelompok kriteria, penyebab, dan akibat.

·         Menyusun kesimpulan atas dasar ringkasan bukti yang telah diperoleh dan mengidentifikasi bahwa akibat yang ditimbulkan dari ketidaksesuaian antara kondisi dan kriteria cukup penting dan material. Kesimpulan ini merupakan pemantapan temuan hasil audit.

 

  1. Mengapa dalam audit lanjutan perlu mengumpulkan tambahan informasi latar belakang?

Jawab :

Langkah ini digunakan untuk mendapatkan data yang lebih lengkap dalam menganalisis aktivitas yang diaudit sebagai dasar pembuatan kesimpulan audit. Data yang dibutuhkan pada tahap ini juga mungkin diperoleh dari luar perusahaan yang memiliki relevansi dengan kegiatan yang sedang diaudit.

 

  1. Ada berapa cara untuk penyajian laporan audit manajemen? Sebutkan!

Jawab :

Terdapat dua cara, yaitu: ((1) Cara penyajian yang mengikuti arus informasi yang diperoleh dalam setiap tahapan audit, dan (2) Cara penyajian yang menitikberatkan penyajian kepada kepentingan para pembaca (pengguna) laporan hasil audit ini.

 

  1. Sebutkan format penyajian laporan audit manajemen yang menitikberatkan pada kepantingan pengguna!

Jawab :

Berikut format penyajian laporan audit manajemen yang menitik beratkan pada kepentingan penggunan:

·         Informasi latar belakang.

·         Kesimpulan audit disertai dengan bukti-bukti yang cukup untuk mendukung kesimpulan audit.

·         Rumusan rekomendasi.

·         Ruang lingkup audit.

 

  1. Sebutkan tahapan audit untuk menyajikan laporan audit manajemen yang disajikan yang mengikuti arus informasi!

Jawab :

Berikut tahapan audit untuk menyajikan laporan audit manajemen yang disajikan yang mengikuti arus informasi:

·         Pengumpulan informasi latar belakang pada tahap audit pendahuluan.

·         Menetapkan tujuan audit yang sesungguhnya (deventive audit objective) berdasarkan hasil review dan pengujian terhadap sistem pengandalian manajemen.

·         Pegumpulan bukti-bukti audit dan pengembangan temuan yang berkaitan dengan tujuan audit, pada tahap audit lanjutan.

·         Menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti (temuan) audit yang berhasil dikumpulkan.

·         Merumuskan rekomendasi.

·         Menyatakan ruang lingkup audit yang telah dilakukan

 

  1. Jelaskan mengapa implementasi tindak lanjut dalam langkah-langkah audit merupakan bentuk komitmen manajemen dalam meningkatkan proses dan kinerja perusahaan atas beberapa kelemahan/kekurangan yang masih terjadi!

            Jawab:

Hal ini disebabkan karena Auditor tidak memiliki kewenangan memaksa dan menuntut manajemen untk melaksanakan tindak lanjut sesuai dengan rekomendasi yang diberikan, tetapi lebih menempatkan diri sebagai supervisor atas rencana, pelaksanaan, dan pengendalian tindak lanjut yang dilakukan. Agar menarik dan dapat meningkatkan komitmen manajemen atas perbaikan proses kinerjanya, rekomendasi seharusnya merupakan hasil diskusi dan ruumusan bersama antara manajemen dan auditor. Disamping itu, rekomendasi harus menyajikan analisis dan manfaat yang diperoleh perusahaan jika rekomendasi tersebut dilaksanakan serta kerugian yang mungkin terjadi jika rekomndasi tidak dilaksanakan karena tidak ada tindakan perbaikan yang dilakukan perusahaan.

IMAM SURYADI FEBRIAWAL   (90400117104)
IRMA TRIYANI YAHYA              (90400117095)
JUMIATI                                        (90400117088)
LIZATUL MUNIROH                   (90400117098)
HERNI                                           (90400117113)
HAMRIANI HAMZAH                (90400118005)

Tidak ada komentar: