Kamis, 24 September 2020

Soal Jawab: Konsep Dasar Audit Manajemen

Berikut merupakan soal jawab dari mata kuliah Audit Manajemen pada BAB 1: Konsep Dasar Audit Manajemen.

 

  1. Berikan penjelasan tentang definisi audit manajemen?

Jawab :

Audit Manajemen (management audit) adalah pengevaluasian terhadap efisiensi dan efektivitas operasi perusahaan. Dalam konteks audit manajemen, manajemen meliputi seluruh operasi internal perusahaan yang harus dipertanggung jawabkan kepada berbagai pihak yang memiliki wewenang yang lebih tinggi.

 

  1. sebutkan dan jelaskan jenis-jenis audit manajemen?

Jawab:

            Jenis-jenis Audit Manajemen meliputi:

·   Audit Kepatuhan (compliance audit), auditor berusahan mendapatkan dan mengevaluasi informasi untuk menentukan apakah pengelolaan keuangan, operasi atau aktivitas yang lain dari suatu entitas telah sesuai dengan kriteria, kebijakan atau regulasi yang mendasarinya.

·     Audit Internal (internal auditing), auditor melakukan penilaian secara independen terhadap berbagai aktivitas dalam memberikan jasanya kepada perusahaan.

·  Audit Operasional (operasional audit), memfokuskan penilaiannya oada efisiensi dan efektivitas operasi entitas.

·     Audit Keuangan (financial audit), audit ini dilaksanakan dengan melakukan pengkajian dan penilaian terhadap sistem pelaporan akuntansi dan keuangan.

 

  1. Mengapa perlu dilakukan audit manajemen dalam perusahaan atau organisasi bisnis?

Jawab:

Suatu perusahaan harus melakukan audit manajemen Karena jika suatu perusahaan/organisasi tanpa audit majamenen semua rencana yang telah disusun tidak akan berjalan dengan lancar, karna suatu kgiatan pasti diataur dan terorganisir dalam bidang-bidang tersebut.

 

  1. Tuliskan ruang lingkup beserta tujuan dari audit manajemen dan audit keuangan?

            Jawab:

·   Ruang linkup Audit Manajemen yaitu keseluruhan fungsi manajemen dan unit-unit yang terkait didalamnya. Hal ini  berupa aktivitas/program atau bagian tertentu yang dilakukan. Tujuan dilakukannya audit manajemen yaitu untuk mencapai perbaikan atas berbagai program/aktivitas dalam pengelolaan perusahaan yang masih memerlukan perbaikan. Oleh karena itu, audit manajemen dirancang untuk menemukan kelemahan dalam operasional perusahaan.

·    Ruang lingkup Audit Keuangan yaitu terdapat pada bukti-bukti transaksi dan proses akuntansi yang diterapkan pada objek auditnya.  oleh karena itu audit keuangan lebih menekankan auditnya pada data-data akuntansi perusahaan dan proses penyajian laporan yang telah disajikan manajemen. Terkait hal tersebut Tujuan dilakukannya audit Keuangan yaitu  untuk mendapatkan keyakinan bahwa Laporan keuangan yang disajikan perusahaan (manajemen) telah disusun melalui proses akuntansi yang berlaku umum dan menyajikan dengan sebenar-nya kondisi keuangan perusahaan pada periode tersebut.

 

  1. Jelaskan Singkat Tujuan pelaksanaan audit manajemen dan Audit keuangan?

            Jawab:

·      Pelaksanaan audit Keuangan dilakukan dalam rangka mendapatkan pengesahan/opini secara independen dari pihak auditor atas kewajaran laporan keuangan yang disajikan manajemen perusahaan. Terkait hal tersebut ini juga harus dilakukan oleh pihak independen (auditor eksternal) agar pengguna informasi yakin dengan keakuratan informasi dalam laporan keuangan tersebut.

·  Pelaksanaan Audit Manajemen dilakukan berdasarkan pertimbangan objektivitas yang biasanya dipandang tidak independen jika dilakukan oleh auditor internal perusahaan. Hal ini beralasan karena sebagian besar struktur organisasinya, auditor merupakan alat pengendali manajemen oleh karena itu denagn pertimbangan objektivitas dan independensi auditor, auditor biasanya dilakukan oleh auditor dari perusahaan (Eksternal Auditor).

 

  1. Sebutkan dan Jelaskan singkat pengguna Laporan audit dari Audit Manajemen dan Audit keuangan?

            Jawab:

·      Laporan audit keuangan ditujukan kepada berbagai kelompok pengguna yang berada di luar perusahaan (Eksternal), Seperti pemegang saham, kreditor, pemerintah dan sebagainya.oleh karena itu untuk memenuhi berbagai kelompok tersebut, maka laporan keuangan disusun sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan pengguna laporan keuangan. Dalam laporan Auditnya diatur dalam Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP)

·      Laporan audit manajemen lebih ditujukan kepada pihak internal perusahaan. Dengan tujuan agar berbagai pihak sesuai dengan bidangnya dapat memperoleh informasi tentang potensi perbaikan yang bisa dilakukan perusahaan dimasa yang akan datang. Oleh karena itu laporan audit manajemen dapat menyajikan berbagai informasi untuk memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan yang ada dalam perusahaan. Dalam laporan auditnya, disajikan dalam bentuk laporan komprehensif, dimana dalam laporan audit manajemen terdapat opini audit dan temuan-temuan penting hasil audit.

 

 

  1. Jelaskan tahapan audit secara singkat!

            Jawab:

·  Audit Pendahuluan "Audit pendahuluan dilakuakan untuk mendapatkan informasi latar belakang terhadap objek yang diaudit".

·    Review dan Pengujian Pengendalian Manajemen "Pada tahapan ini auditor melakukan review dan pengujian terhadap pengendalian menejemen objek audit, dengan tujuan untuk menilai efektifitas pengendalian manajemen dalam mendukung pencapaian tujuan perusahaan".

·   Audit Terinci "Pada tahapan ini auditor melakukan pengumpulan bukti yang cukup dan kompeten untuk mendukung tujuan audit yang telah ditentukan. Pada tahap ini juga dilakukan pengembangan temuan untuk mencari keterkaitan antara satu temuan dan temuan yang lain dalam menguji permasalahan yang berkaitan dengan tujuan audit".

·     Pelaporan "Tahap ini bertujuan untuk mengomunikasikan hasil audit termasuk rekomendasi yang diberikan kepada berbagai pihak yang berkepentingan".

·   Tindak Lanjut "Sebagai tahap akhir dari audit manajemen, tindak lanjut bertujuan untuk mendorong pihak-pihak yang berwenang untuk melaksanakan tindak lanjut (perbaikan) sesuai dengan rekomendasi yang diberikan. Auditor tidak memiliki wewenang untuk mengharuskan manajemen melakukan/melaksanakan tindak lanjut sesuai dengan rekomendasi yang diberikan. Oleh karena itu, rekomendasi yang disajikan dalam laporan audit seharusnya sudah merupakan hasil diskusi dengan berbagai pihak yang berkepentingan dengan tindakan perbaikan tersebut".

 

  1. Apa saja hal penting yang harus diperhatikan berkaitan dengan pelaksanaan audit pendahuluan?

            Jawab:

Hal penting harus diperhatikan berkaitan dengan pelaksanaan audit ini, antara lain

·         Pemahaman auditor terhadap objek audit,

·         Penentuan tujuan audit,

·         Penentuan ruang lingkup dan sasaran audit,

·         Review terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berkaitan dengan objek audit

·         Pengembangan kriteria awal dalam audit

 

  1. Bagaimana langkah-langkah audit pada tahap lanjutan?

            Jawab:

Langkah-langkah audit pada tahap ini meliputi:

·       Mengumpulkan tambahan informasi latar belakang objek audit yang diperlukan;

·       Memperoleh bukti-bukti yang relevan, material, dan kompeten;

·   Membuat ringkasan atas bukti yang telah diperoleh dan mengelompokkannya ke dalam kelompok kriteria, penyebab, dan akibat;

·     Menyusun kesimpulan atas dasar ringkasan bukti yang telah diperoleh dan mengidentifikasi bahwa akibat yang ditimbulkan dari ketidaksesuaian antara kondisi dan kriteria cukup penting dan material. Kesimpulan ini merupakan pemantapan temuan hasil audit.

 

 

  1. Sebutkan dan jelaskan 3 elemen penting dalam tujuan audit Manajemen!

Jawab:

Ada 3 (tiga) elemen pokok dalam tujuan audit manajemen:

·       Kriteria

Kriteria merupakan standar (pedoman, norma) bagi setiap individu/kelompok di dalam perusahaan dalam melakukan aktivitasnya.

·       Penyebab

Penyebab merupakan tindakan yang dilakukan oleh setiap individu/kelompok di dalam perusahaan. Penyebab dapat bersifat positif, program/aktivitas berjalan dengan tingkat efisiensi dan efektivitas yang lebih tinggi, atau sebaliknya bersifat negative, program/aktivitas berjalan dengan tingkat efisiensi dan efektivitas yang lebih rendah dari standar yang telah ditetapkan.

·       Akibat (effect)

Akibat merupakan perbandingan antara penyebab dengan criteria yang berhubungan dengan penyebab tersebut. Akibat negatif menunjukkan program/aktivitas berjalan dengan tingkat pencapaian yang lebih rendah dari kriteria yang ditetapkan. Sedangkan akibat positif menunjukkan bahwa program/aktivitas telah terslenggara secara baik dengan tingkat pencapaian yang lebih tinggi dari kriteria yang ditetapka.

 

  1. Sebutkan prinsip dasar yang harus diperhatikan auditor agar audit manajemen dapat mencapai tujuan dengan baik!

            Jawab:

·         Audit dititik beratkan pada objek audit yang mempunyai peluang untuk diperbaiki

·         Prasyarat Penilaian terhadap kegiatan objek audit

·         Pengungkapan dalam laporan adanya temuan-temuan yang bersifat positif

·         Identifikasi individu yang bertanggungjawab terhadap kekurangan-kekurangan yang terjadi.

·         Penentuan tindakan terhadap petugas yang seharusnya bertanggung jawab

·         Pelanggaran hukum

·         Penyelidikan dan pencegahan kecurangan

 

  1. Jelaskan tujuan dan pendekatan yang digunakan dalam audit manajemen?

Jawab:

Tujuan dalam audit manajemen adalah untuk mengidentifikasi kegiatan, program dan aktivitas yang masih memerlukan perbaikan, sehingga dengan rekomendasi yang diberikan nantinya dapat dicapai perbaikan atas pengelolaan berbagai program dan aktivitas pada perusahaan tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam audit manajemen adalah menilai efisiensi, efektivitas dan keekonomisan fungsi perusahaan. Fungsi perusahaan itu antara lain terdiri dari penjualan dan pemasaran, produksi, pergudangan dan distribusi, SDM, akuntansi dan keuangan.

 

  1. Jelaskan pendekatan yang digunakan dalam audit manajemen?

Jawab:

Pendekatan yang digunakan dalam audit manajemen adalah menilai efisiensi, efektivitas dan keekonomisan fungsi perusahaan. Oleh karena itu audit manajemen diarahkan untuk menilai secara keseluruhan pengelolaan operasional objek audit baik dari segi fungsi manajerian (Perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian) maupun fungsi-fungsi perusahaan yang secara keseluruhan ditujukan untuk mencapai tujuan perusahaan (Fungsi Bisnis).

 

  1. Sebutkan Ruang lingkup audit Manajemen pada berbagai fungsi bisnis perusahaan?

            Jawab:

            Terdapat beberapa audit manajemen pada berbagai fungsi bisnis perusahaan yaitu

·         Audit manajemen pada fungsi pemasaran

·         Audit manajemen pada fungsi produksi dan Operasi

·         Audit manajemen pada fungsi Sumber daya manusia (SDM)

·         Audit manajemen pada fungsi Sistem informasi

·         Audit manajemen pada fungsi sistem kepastian kualitas

·         Audit manajemen pada fungsi lingkungan

·         Audit manajemen pada fungsi perpajakan

 

  1. Jelaskan dan sebutkan tujuan ruang lingkup audit manajemen pada fungsi bisnis dari segi pemasaran!

Jawab:

Dalam audit manajemen pada funsi bisnis dari segi pemasaran bertujuan untuk menilai bagaimana setiap program/aktivitas pemasaran yang dilakukan untuk mencapai tujuannya melalui pengelolaan sumber daya yang ekonomis dan efisien, selain itu, audit juga dilakukan terhadap bagaimana perusahaan menetapkan strategi pemasarannya apakah sudah sesuai dengan lingkungan pemasaran yang dihadapi perusahaan, intensitas persaingan, dan berbagai keterbatasan yang secara internal yang dihadapi oleh perusahaan. Ruang lingkup dari funsi ini yaitu lingkungan pemasaran, strategi pemasaran, organisasi pemasaran, produktivitas pemasaran dan fungsi pemasaran.

 

IMAM SURYADI FEBRIAWAL     (90400117104)

IRMA TRIYANI YAHYA                (90400117095)

JUMIATI                                          (90400117088)

LIZATUL MUNIROH                     (90400117098)

HERNI                                             (90400117113)

HAMRIANI HAMZAH                  (90400118005)

Tidak ada komentar: