Senin, 09 September 2013

MAKALAH JARINGAN KOMPUTER DAN JARINGAN INTERNET

JARINGAN INTERNET & JARINGAN KOMPUTER


BAB I
PENDAHULUAN
  A.   Latar Belakang
Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini.Hampir di setiap perusahaan terdapatjaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini  adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan
komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet berlipat ganda.

Sejak memasyarakatnya Internet dan dipasarkannya sistem operasiWindows95 oleh Microsoft,  menghubungkan beberapa komputer baik komputer pribadi (PC) maupun server dengan sebuah jaringan dari jenis LAN (Local Area Network) sampai WAN (Wide Area Network) menjadi sebuah hal yang biasa. Demikian pula dengan konsep “downsizing” maupun “lightsizing” yang bertujuan menekan anggaran belanja khususnya peralatan komputer, maka sebuah jaringan merupakan satu hal yang sangat diperlukan.

  B.   Tujuan Penulisan

Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui/memahami tentang jaringan komputer/internet dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membaca tulisan ini diharapkan kita bisa lebih memahami teknologi informasi, karena bangsa yang maju adalah bangsa yang menguasai teknologi dan informasi. Dengan memahami jaringan komputer maka akan sangat memudahkan kita dalam menyelesaikan sesuatu dalam kehidupan sehari-hari.


BAB II
PEMBAHASAN

JARINGAN KOMPUTER
A. Konsep Jaringan Komputer
Computer Network, atau jaringan komputer, merupakan sekumpulan komputer yang dihubungkan melalui media fisik dan software yang memfasilitasi komunikasi antara komputer-komputer tersebut. Dengan demikian sebuah jaringan komputer yang sangat sederhana bisa digambarkan seperti gambar berikut:

Komunikasi antara keduanya  berlangsung melalui media fisik tersebut. Media fisik ini bisa berupa kabel, ataupun udara yang menjadi media bagi komunikasi elektromagnetik. Masing-masing komputer terhubung melalui media fisik dengan menggunakan kartu jaringan (network interface card = NIC) atau di pasaran biasa disebut Ethernet Card. Segala proses transmisi melalui media fisik akan melalui NIC tersebut.
Gambar Network Interface Card/Ethernet Card.

Bila jaringan komputer ini terdiri dari cukup banyak komputer yang menempati suatu area lokal, maka jaringan ini dinamakan jaringan komputer lokal (Local Area Network). Beberapa jaringan lokal  yang digabungkan dan menempati area yang cukup luas dinamakan sebagai Wide Area Network (WAN).
            1.Mengapa Dibutuhkan Jaringan Komputer
Organisasi menggunakan jaringan komputer untuk melakukan  sharing resource dan untuk komunikasi online antar komputer/orang. Yang dimaksud dengan resource disini termasuk disk drive, hard disk, printer, komunikasi online termasuk aplikasi dan e-mail.
2. Printer dan periferal lain
Sebelum adanya jaringan, setiap orang harus memiliki atau memasang printer pada komputer masing-masing. Disini satu-satunya cara untuk men-share printer adalah dengan duduk pada komputer yang memiliki printer. Setelah adanya jaringan, maka dimungkinkan beberapa orang men-share dan mengakses data secara bersamaan. Apabila beberapa orang membutuhkan printer, maka mereka dapat  menggunakan printer yang tersedia di jaringan.
3. Data
Sebelum adanya jaringan, orang yang ingin sharing informasi terbatas pada hal-hal sebagai berikut :
·         ƒ  Melalui telepon atau media komunikasi suara lain.
·         ƒ  Menulis memo
·         ƒ Menyimpan data pada floppy disk dan mengopi data tersebut ke komputer yang membutuhkan.
            4. Aplikasi
Jaringan dapat digunakan untuk standarisasi aplikasi sehingga semua user menggunakan jenis dan versi aplikasi yang sama. Hal ini akan memudahkan manajemen, training dan support yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi.
5. Konsep Client – Server
Sesuai dengan namanya, Client-Server berarti adanya pembagian kerja pengolahan data antara client dan server.Saat ini, sebagian besar jaringan menggunakan model client/server.
Secara singkat, jaringan client/server adalah jaringan dimana komputer client bertugas melakukan permintaan data dan server bertugas melayani permintaan tersebut.

5.1. Client
User akan membuat permintaan melalui software client. Aplikasi ini berfungsi :
·         Memberikan interface bagi user untuk melakukan jobs.
·         Format request data ke bentuk yang dapat dimengerti oleh server
·         Menampilkan hasil yang diminta pada layar
Komputer client menerima instruksi dari user melalui interface yang disediakan, merubah format instruksi ke bentuk yang dapat dimengerti oleh database server, dan mengirimkannya melalui jaringan ke server yang dituju. Server kemudian akan mengolah request, memilih informasi yang sesuai, dan mengirimkan kembali data hasil pengolahan ke client. Client kemudian mengolah data yang diterima untuk ditampilkan sebagai informasi yang berguna melalui interface yang tersedia.
           
5.2. Server
Pada jaringan client/server, server khusus digunakan untuk pemrosesan, penyimpanan dan manajemen data.Server bertugas menerima request dari client, mengolahnya, dan mengirimkan kembali hasilnya ke client. Untuk itu, server membutuhkan komputer khusus dengan spesifikasi hardware yang jauh lebih baik dan bertenaga dibandingkan hardware untuk client karena komputer harus mampu melayani :


TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


D
I
S
U
S
U
N

OLEH :

NAMA          : IRMA TRIYANI YAHYA
KELAS         : IX.3
NO URUT     : 06
NIS               : 06791

SMP NEGERI 1 BULUKUMBA
TAHUN AJARAN 2013

Untuk Lebih Lengkapnya Silahkan Download Makalah Jaringan Komputer & Internet Dalam Bentuk Word.
FREE DOWNLOAD MAKALAH JARINGAN KOMPUTER DAN JARINGAN INTERNET

Click Here :


http://www.4shared.com/file/BJSi3Ui0/Makalah_Jaringan_Komputer_Bese.html


Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan jejak sobat Blogger, jangan jadi Silent Reader --