Kamis, 25 April 2013

4 Sehat 5 Sempurna

Slogan 4 Sehat 5 Sempurna dicetuskan oleh Prof. Poerwo Soedarmo yang dikenal sebagai bapak gizi Indonesia pada tahun 1950. Slogan ini mengacu ke slogan "Basic Four" dari Amerika. "Basic Four" ini diciptakan tahun 1940-an bertujuan mencegah pola makan orang Amerika yang cenderung banyak lemak, tinggi gula, dan kurang serat.

Makanan yang dikatakan 4 Sehat 5 Sempurna adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin. Paling tidak, dalam sehari kita perlu memperhatikan makanan yang mengandung makanan 4 sehat 5 sempurna itu. Contoh makanannya bisa seperti nasi, sayuran, daging/ikan, buah2an, dan kalau mau bisa ditambahkan dengan susu. Diusahakan juga pengolahan sayur jangan terlalu lama supaya tidak menghilangkan kadar vitaminnya. Kalau kita bisa mempraktekkan pola makan 4 sehat 5 sempurna, yakin bisa memperoleh kondisi badan yang sehat. Tapi memang perlu diimbangkan dengan olahraga dan minum air putih yang banyak.

 

Komposisi 4 sehat 5 sempurna adalah sebagai berikut:


1.Makanan Pokok
   
    Makanan pokok yaitu makanan yang menjadi sumber energi dalam tubuh. Dalam hal ini
yang termasuk makanan sumber energi adalah makanan yang kaya akan karbohidrat seperti nasi, jagung, gandum, kentang, oat, serta umbi-umbian.

2.Lauk Pauk


    Lauk pauk adalah makanan utama pendamping makanan pokok. Lauk pauk berfungsi sebagai sumber zat pembangun untuk tubuh. Makanan lauk pauk banyak yang mengandung protein misalnya seperti telur, daging, ikan, tahu dan tempe. 


3.Sayur-Sayuran

    
    Sayuran yang baik untuk kesehatan tubuh adalah sayuran yang berwarna hijau karena sayuran ini mengandung banyak vitamin, serat, dan protein nabati yang sangat berguna bagi kesehatan, seperti bayam, tomat, terong, dan lainnya. 

4.Buah-Buahan

    
    Buah-buahan kaya akan vitamin yang berperan untuk kesegaran dan kesehatan tubuh. Selain itu buah-buahan juga mengandung mineral dan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. 

5.Susu


    Dalam rumusan makanan 4 sehat 5 sempurna ini, susu merupakan makanan pelengkap, dalam artian susu tidak wajib ada, namun akan lebih baik jika dapat melengkapi dengan susu.



  • Makanan Bergizi 
 Makanan bergizi adalah makanan konsumsi yang mengandung 3 guna (triguna) :

1.Sebagai sumber tenaga (makanan pokok)

2.Sebagai zat pengatur
3.Sebagai zat pembangun


  • Jadwal makan
Jadwal makan harus teratur, lebih baik makan dalam jumlah yang sedikit tapi sering dan teratur daripada makan dalam porsi banyak tapi tidak teratur.
Sedangkan Direktorat Gizi Masyarakat Republik Indonesia mengeluarkan Pedoman Umum Gizi Seimbang sebagai berikut :

1.Makanlah aneka ragam makanan

2.Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi
3.Makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi
4.Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kebutuhan energi
5.Gunakan garam beryodium
6.Makanlah makanan sumber zat besi
7.Berikan ASI saja kepada bayi sampai umur empat bulan
8.Biasakan makan pagi
9.Minumlah air bersih, aman yang cukup jumlahnya
10.Lakukan kegiatan fisik dan olah raga secara teratur
11.Hindari minum minuman beralkohol
12.Bacalah label pada makanan yang dikemas.
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan jejak sobat Blogger, jangan jadi Silent Reader --