Kamis, 24 Maret 2016

Makalah Softball, Lompat Jauh, dan Senam Lantai

Pendidikan jasmani terdiri dari kata pendidikan dan jasmani, pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tatalaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan sesorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan (KBBI, 1989), jasmani adalah tubuh atau badan (fisik).

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Dalam dunia olahraga banyak sekali macam cabang olahraga. Softball adalah salah satu cabang olahraga yang di mainkan, permainan ini sangat menarik, karena dalam permainannya menggunakan seragam yang menarik dan menggunakan teriakan-teriakan dengan istilah asing. Di Indonesia Softball mirip dengan permainan Bola Kasti. Softball lahir di Amerika Serikat dan diciptakan oleh Hancock pada tahun 1887 di kota Chicago. Pada saat itu Softball dikenal dalam bentuk permainan dalam ruangan atau ditempat tertutup, namun pada tahun 1930 di ubah menjadi permainan di lapangan terbuka oleh H. Fiscer dan M.J Panley. Pertama kali softball masuk agenda Pekan Olahraga Nasional (PON) di Indonesia pada penyelenggaraan PON ke VII di Surabaya. Permainan Softball disebut juga Indoor-Baseball, termasuk olahraga beregu yang dapat dikelompokkan ke dalam permainan bola pukul. Sekilas permainan ini mirip permainan bola kasti, tetapi dalam permainan Softball benar-benar membutuhkan ketangkasan dan menguras banyak pikiran. Selain Softball, ada juga senam lantai. Senam lantai merupakan olahraga yang mengandalkan aktivitas seluruh anggota tubuh yang mengacu pada gerak yang dilakukan secara
terpadu untuk mencapai kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelentukan, kelincahan, dan ketepatan. Disebut senam lantai karena gerakan senam dilakukan di lantai atau matras berukuran 12 x 12 meter persegi dengan tambahan 1 meter di setiap sisinya untuk pengamanan. Cabang olahraga yang paling tua dan dikenal sebagai induk semua cabang olahraga adalah atletik. Atletik dibagi menjadi tiga bagian, yaitu lari, lompat, dan lempar.

1.2 Rumusan masalah
Adapun permasalahan yang diangkat dalam karya tulis ini adalah :
1.      Bagaimana olahraga softball itu?
2.      Bagaimanakah sejarah dan perkembangan softball di Indonesia?
3.      Apa yang dimaksud dengan lompat jauh? Dan bagaimanakah sejarahnya?
4.      Apa sajakah sarana dan prasarana senam lantai?

1.3 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah :
1.      Untuk lebih mengenal lebih jauh olahraga softball.
2.      Mengetahui sejarah dan perkembangan softball di Indonesia.
3.      Untuk mengetahui pengertian lompat jauh beserta sejarahnya.
4.      Mengetahui apa saja sarana dan prasarana senam lantai.
5.      Memenuhi tugas mata pelajaran Penjaskes

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Sejarah Olahraga Softball dan Atletik
Permainan Softball tepatnya lahir di Amerika Serikat, yang diciptakan oleh George Hancoc di kota Chicago tahun 1887. Awalnya sofball dimainkan hanya untuk kegiatan rekreasi semata dan dilakukan di lapangan tertutup. Namun ternyata dalam waktu singkat softball justru menjadi permainan yang banyak digemari masyarakat disana waktu itu. Daya tarik yang utama mengapa permainan ini cepat dicintai masyarakat, karena permainannya berbeda-beda dengan baseball (bisbol). Softball dapat dimainkan oleh setiap orang dengan tidak memandang usia, baik pria ataupun wanita, dan tak memerlukan lapangan yang luas dan yang terutama dapat dimainkan di gelanggang tertutup. Dari Amerika Serikat, olahraga ini berkembang ke Kanada dan dari sanalah softball makin berkembang ke seluruh penjuru dunia.
Kemudian lahirlah Federasi Softball Internasional (International Softball Federation). Badan inilah yang akhirnya membuat perturan-peraturan yang menyangkut permainan olahraga softball yang berlaku di seluruh dunia, termasuk Indonesia pada saat ini. Naskah aslinya tertulis dalam bahasa Inggris, yang banyak diterjemahkan oleh negara-negara anggotanya.
Dalam  dunia  olahraga,  dikenal  banyak sekali cabang olahraga, antara lain  adalah atletik, permainan, senam dan beladiri. Dari keempat cabang olahraga tersebut, atletik mempunyai peranan  penting, karena gerakan-gerakannya merupakan gerakan dasar bagi cabang olahraga lainnya. Atletik menurut Aip Syarifuddin (1992 :2) berasal dari bahasa Yunani, yaitu  Athlon  yang artinya pertandingan, perlombaan, pergulatan  atau perjuangan, sedangkan orang yang melakukannya dinamakan  Athleta (Atlet). Dengan demikian dapatlah dikemukakan, bahwa atetik adalah salah  satu cabang yang dipertandingkan atau diperlombakan yang meliputi atas nomor-nomor jalan, lari, lompat dan lempar. Dalam cabang olahraga atletik ada empat nomor  lompat yaitu nomor lompat jauh, lompat jangkit, lompat tinggi dan lompat tinggi galah. Lompat jauh merupakan salah satu nomor atletik yang wajib diajarkan di SD, SMP dan SMA.

2.2 Pengertian Softball, Lompat Jauh, dan Senam Lantai
Sofbol atau softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari 2 tim. Softball merupakan perkembangan dari olahraga sejenis yaitu bisbol (baseball) atau hardball. Bola sofbol saat ini berdiameter 28-30,5 sentimeter. bola tersebut dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan yang memukul (batter) dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Terdapat sebuah regu yang berjaga (defense) dan tim yang memukul (offense). Tiap tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri marka (base) pelari hingga menyentuh marka akhir yaitu home plate. Suasana sebuah pertandingan softball terdapat tiga tipe permainan softball, antara lain :
1. Fast pitch softball
Merupakan permainan ditentukan oleh pitcher. Pitcher melempar bola dengan kecepatan maksimum, serupa dengan bisbol. Perbedaan terdapat pada gaya lempar pitcher dan cara pelepasan bola. Pelepasan bola terletak di bawah atau sama dari posisi glove.
2. Modified pitch softball atau sering dikenal dengan nama modball.
Tujuan utamanya adalah untuk melunakkan aturan-aturan yang dipakai di kategori fast pitch sehingga pemain-pemain yang belum terbiasa tidak akan terkejut dengan peraturan-peraturan yang "ketat" di sofbol seperti strike zone, jarak antara base, lamanya permainan dan lain-lain.
3. Slow pitch softball
Memberikan kemudahan bagi batter untuk memukul bola. Batter diberi bola terus-menerus oleh pitcher sampai bisa memukul bolanya. Lemparan pitcher pelan melambung.
Lompat  jauh  merupakan  salah  satu nomor lompat dari cabang olahraga atletik. Lompat jauh menurut Aip Syarifuddin (1992 : 90) didefinisikan sebagai suatu bentuk gerakan melompat, mengangkat kaki keatas kedepan dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin diudara (melayang diudara) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.
Lompat jauh merupakan suatu gerakan melompat menggunakan tumpuan satu kaki untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya. Sasaran dan tujuan lompat jauh adalah untuk mencapai jarak lompatan sejauh mungkin kesebuah letak pendaratan atau bak lompat.
Senam lantai adalah bagian dari senam secara umum. Disebut senam lantai karena gerakan senam dilakukan di lantai atau matras berukuran 12 x 12 meter persegi dengan tambahan 1 meter di setiap sisinya untuk pengamanan.
Senam lantai merupakan olahraga yang mengandalkan aktivitas seluruh anggota tubuh yang mengacu pada gerak yang dilakukan secara terpadu untuk mencapai kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelentukan, kelincahan, dan ketepatan.

2.3 Mengenal Olahraga Softball, Lompat Jauh
Cabang olahraga Softball boleh dikatakan olahraga yang paling digemari anak-anak muda, terutama para pelajar dan mahasiswa.Biasanya pada pemain mempergunakan seragam olahraga yang menarik, dengan disertai teriakan-teriakan istilah bahasa asing ketika mereka sedang bermain.Ada beberapa faktor penunjang mengapa olahraga Softball sebetulnya bisa berkembang pesat di Indonesia.
1.      Faktor lapangan, lapangan permainan Softball tidak terlalu luas, berupa lapangan 4 x 20 meter lebar sisinya (60 feet). Walaupun sudah ada ukuran lapangan tersendiri, tetapi ukuran tersebut dapat diperkecil untuk berlatih dalam permainan ini.
2.      Faktor orang, Softball dapat dimainkan oleh setiap orang, tidak memandang usia, baik pria maupuan wanita. Setiap regu terdiri dari 9 orang, dalam permainan ada 2 regu yang berlawanan.
3.      Dasar-dasar, dasar untuk permainan Softball, sebetulnya sudah dikenal di Indonesia. Sebagai contoh, adanya permainan kasti dan rounders.
4.      Sifat-sifat, olahraga Softball merupakan kombinasi dari olahraga ketangkasan dan otak (pikiran), sehingga mempunyai pengaruh yang baik bagi si pemain.
5.      Peralatan, karena Softball adalah olahraga beregu, maka peralatan dapat disediakan bersama. Sehingga harga peralatan yang termasuk mahal dapat dimiliki, secara gotong-royong.

Lompat  jauh  mempunyai  empat  fase  gerakan,  yaitu  awalan,  tolakan, melayang dan mendarat serta terdapat tiga macam gaya yang membedakan antara gaya yang satu dengan gaya yang lainnya pada saat melayang diudara. Uraian mengenai keempat fase gerakan dalam lompat jauh adalah sebagai berikut:
a.       Awalan
Awalan  adalah  langkah  utama yang diperlukan oleh pelompat untuk memperoleh kecepatan pada waktu akan melompat. Jarak awalan yang biasa dan umum digunakan oleh para pelompat (atlet) dalam perlombaan lompat jauh adalah :
1) Untuk putra antara 40 m sampai 50 m;
2) Untuk putri antara 30 m sampai dengan 45 m. Akan tetapi di dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, terutama di SD hendaknya disesuaikan dengan kemampuan anak-anak SD. Misalnya antara 15 m sampai 20 m atau antara 15 m sampai 25 m. Menurut Engkos kosasih (1985 : 67) awalan harus dilakukan dengan secepat-cepatnya serta jangan merubah langkah pada saat melompat.
b.      Tumpuan atau Tolakan
Tumpuan  atau  tolakan  adalah  gerakan menolak sekuat-kuatnya dengan kaki yang terkuat, yaitu meneruskan kecepatan horizontal ke kekuatan vertical yang dilakukan secara cepat. Menurut Engkos  Kosasih (1985 : 67) tolakan yaitu menolak sekuat-kuatnya pada papan tolakan dengan kaki terkuat ke atas (tinggi dan ke depan). Dengan demikian dapatlah dikatakan bahwa melakukan tolakan berarti jarak merubah kecepatan horizontal menjadi kecepatan vertical. Pada waktu menumpu seharusnya badan sudah condong kedepan, titik berat badan harus terletak agak dimuka titik sumber tenaga, yaitu kaki tumpu pada saat pelompat menumpu, letak titik berat badan ditentukan oleh panjang langkah terakhir sebelum melompat.
c.       Melayang di Udara
Sikap melayang adalah sikap setelah gerakan  lompatan dilakukan dan badan sudah terangkat tinggi keatas. Pada waktu pelompat lepas dari papan tolakan badan si pelompat akan dipengaruhi oleh suatu kekuatan yaitu gaya gravitasi (gaya penarik bumi). Untuk itu, kecepatan lari awalan dan kekuatan pada waktu menolak harus dilakukan oleh pelompat untuk mengetahui daya tarik bumi tersebut.
d.      Mendarat
Mendarat  adalah sikap jatuh dengan posisi kedua kaki menyentuh tanah secara bersama-sama dengan lutut  dibengkokkan dan mengeper sehingga memungkinkan jatuhnya badan kearah depanPada waktu mendarat ini lutut dibengkokkan sehingga memungkinkan suatu momentum membawa badan ke depan di atas kaki
2.4 Lapangan Permainan Softball
Lapangan sofbol berbentuk bujur sangkar. Dibagi menjadi daerah fair (fair territory) dan daerah foul (foul territory). Lebih jauh dalam daerah fair terbagi menjadi dua bagian, Infield, dan outfield.
Di dalam daerah infield terdapat 4 marka yang disebut base. Base diberi nomor berlawanan dengan arah jarum jam, dimulai dari base awal yang disebut home plate, diteruskan dengan base pertama, base kedua dan base ketiga. Base berbentuk bujur sangkar dengan sisi 38 cm (15 inci) yang dibuat sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah. Sudut dari keempat base membentuk bujur sangkar yang disebut diamond.
Jarak lintasan antar marka yang ditentukan
Lintasan Fast Pitch
Lintasan Slow Pitch
60 kaki (18,29 m)
60 kaki atau 65 kaki (19,81 m)

Jarak melempar (pitching) fast pitch yang ditentukan
Dewasa
Di bawah 18 tahun
Di bawah 15 tahun
Puteri
Putera
Puteri
Putera
Puteri
Putera
43 kaki (13,11 m)
46 kaki (14,02 m)
40 kaki (12,19 m) atau 35 kaki
46 kaki (14,02 m)
40 kaki (12,19 m) atau 35 kaki
46 kaki (14,02 m)

Jarak melempar (pitching) slow pitch yang ditentukan
Dewasa
Di bawah 18 tahun
Di bawah 15 tahun
Puteri
Putera
Puteri (univ)
Puteri
Putera
Puteri
Putera
50 kaki (14,02 m)
50 kaki (15,24 m)
50 kaki (15,24 m)
50 kaki (14,02 m)
46 kaki (14,02 m)
50 kaki (14,02 m)
46 kaki (14,02 m)

2.5 Tata Cara Permainan Softball
1.      Permainan
Sofbol dimainkan oleh dua tim di lapangan sofbol. Setiap tim minimal memiliki 9 pemain dan selebihnya merupakan cadangan. Permainan  terdiri dari 9 babak yang disebut inning. Di dalam satu inning, tim yang bertanding masing-masing mempunyai kesempatan memukul (batting) untuk mencetak angka (run). Tim yang mendapat giliran memukul mendapat kesempatan 3 kali mati (out) sebelum giliran memukul digantikan tim yang bertahan.
Skor atau run dihasilkan dari seorang runner berlari menginjak semua marka secara berurutan dan kembali menginjak home plate. Setiap pelari yang berhasil mengelilingi dan menginjak home plate mendapat satu angka. Waktu permainan ditentukan oleh inning. Setiap tim mendapat giliran memukul sampai 3 kali out dan mematikan tim lawan 3 kali out, disebut 1 inning. Dalam tiap pertandingan sofbol durasi permainan setidaknya 7 inning tergantung situasi, atau lama waktu 2 jam. Setelah menghabiskan inning, tim yang mencetak angka (run) terbanyak menjadi pemenang
2.      Pelempar bola
Permainan dimulai pada saat wasit memulai pertandingan dan meneriakkan kata “Play Ball”. Setelah pemain bertahan memasuki daerah jaganya masing-masing, pertarungan antara pelempar bola di tim bertahan dan pemukul bola di tim yang mendapat giliran memukul dapat dimulai. Seorang pelempar bola berdiri diatas plate dan menghadap ke arah penangkap bola. Pelempar bola akan berusaha melempar bola sekuat tenaga ke mitt penangkap bola. Zona strike adalah zona dimana bola dalam wilayah pukul pemukul bola. Pada saat melempar, pelempar bola akan berusaha membuat bola strike dengan sekuat tenaga agar pemukul bola kesusahan memukul bola walaupun bola berada di zona pukulnya.
3.      Penangkap bola
Dalam satu regu setidaknya memiliki satu orang penangkap bola. Penangkap bola dilengkapi dengan perlengkapan pengaman dan bertugas menangkap lemparan pelempar bola. Catcher menggunakan helm (topeng penangkap bola) untuk melindungi kepala dan muka, pelindung tubuh untuk melindungi daerah badan dan pelindung kaki untuk melindungi daerah lutut ke bawah.
4.      Penjaga
Selain pelempar bola dan penangkap bola , tim bertahan memiliki 7 orang penjaga (fielder) yang terbagi dalam 4 penjaga daerah dalam (infielder) dan 3 orang penjaga daerah luar (outfielder). Bagian dalam yaitu penjaga marka satu (pertama), penjaga marka dua (kedua), Penjaga antara marka dua dan tiga (shortstop), dan penjaga marka tiga (ketiga). Sedangkan penjaga luar terdapat di sebelah kiri (penjaga kiri), tengah (penjaga tengah), dan kanan (penajga kanan). Semua penjaga (termasuk pelempar bola dan penangkap bola) berusaha mematikan 3 orang tim lawan agar mendapat giliran memukul. Karena run hanya bisa didapatkan dalam posisi menyerang.
5.      Pemukul bola
Tiap pemukul bola mempunyai kesempatan 3 kali strike dan 4 kali ball. 3 kali strike akan membuat pemukul bola mati “Strike Out”. Dan apabila 4 kali ball maka pemukul bola diperbolehkan jalan bebas ke arah marka satu (free walk). Jika pemukul bola berhasil sampai di marka satu sebelum penjaga marka satu menangkap bola maka pemukul bola “safe”'. Namun bila penjaga marka satu lebih cepat menangkap bola, maka pemukul bola “out”.Terdapat berbagai macam jenis memukul. Hit, Bunt, hit and run, Steal dan lain-lain. Tergantung situasi yang terjadi saat itu. Berbagai macam jenis hit digunakan sesuai strategi yang akan ditempuh tim penyerang.

2.6 Teknik Dasar Permainan Softball
Berikut beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh seseorang permainan softball :
1. Formasi Pemain Softball
- First basemen
Berikut merupakan tugas dari penjaga base satu :
- Memotong pemain pada home late
- Membuat mati lawan pada base I
- Menjaga dan menangkap bola yang di pukul atau dilempar ke arah base I
- Melempar bola pada base II untuk membuat pemain lawan mati pada base II
- Second basemen
Berikut merupakan tugas dari penjaga base II :
- Membuat mati terpaksa pada pemain yang ada di base II
- Menjaga pukulan pada daerahnya
- Meneruskan lemparan dari outfield maupun infield
- Men-tik lawan yang lari dari base I
- Melempar bola ke arah base II atau base I untuk membuat mati pada regu pemukul
            - Shortstop
Berikut merupakan tugas dari posisi antara base II dan base III :
- Memotong maupun meneruskan bola dari outfield
- Menjaga bola hasil pukulan yang berada di daerahnya
- Membantu menjaga belakang base II jika second base menjaga base II
- Melempar bola ke arah base I dan base II
- Third basemen
Berikut merupakan tugas dari penjaga base III :
- Meneruskan atau memotong lemparan bola dari outfield
- Melempar bola ke base I untuk membuat mati terpaksa
- Menguasai pukulan bunt ke arah base III
- Menjaga base III
- Pitcher
Pitcher atau pelambung memiliki tugas sebagai berikut :
- Membantu base
- Membantu pemain di belakang home plate
- Catcher
Catcher adalah penjaga di belakang regu pemukul hasil lemparan dari Pitcher. tugas dari catcher dalah sebagai berikut :
- Menjaga pukulan bunt
- Menjaga home plate
- Melempar bola ke base I, base II, base III, serta menjaga belakang base I

2. Taktik dan Strategi Permainan Softballl
Suatu usaha atau siasat dari suatu regu yang diterapkan dalam pertandingan dengan tujuan untuk memperoleh kemenangan disebut taktik.

a. Taktik Penyerangan
Taktik ini biasa digunakan pada saat regu menjadi regu pemukul. Taktik ini disusun sedemikian rupa sehingga tim pemukul dapat melakukan pukulan dengan baik dan kembali ke home base dengan sempurna. berikut merupakan taktik menyerang yang digunakan dalam permainan softball.
- Pukulan tanpa ayun (sacrifice bunt).
- Pukul dan lari ( hit and run)
- Mencuri base
- Pukulan melayang (sacrifice fly)
b. Pola pertahanan (defensive strategy)
Strategi pertahanan pada dasarnya adalah siasat atau usaha dari regu penjaga lapangan untuk bertahan mematahkan atau menangkis serangan lawan dengan jalan mematikan pelari atau pemukul dengan jalan sebagai berikut :
- Men-tik base
- Men-tik lawan
- Melempar bola pada pitcher (strike)
- Tangkap bola
c. Posisi penjagaan
Pada dasarnya posisi penjagaan ada tiga macam, yaitu deep position, close position, dan medium position, adapun strategi pertahanan, antara lain :
- Mematikan dengan pasti.
- Mematikan lebih dari satu kali.
- Mati terpaksa.
- Menguasai pelari.
3. Perwasitan dan Peraturan Permainan Softball
Umpire adalah pemimpin dalan pertandingan softball. Umpire diberi wewenang mutlak untuk menerapkan peraturan pertandingan maupun permainan. selain itu, Umpire juga memiliki kewenangan untuk memerintahkan pemain, pelatih, kapten, manager untuk menjalankan atau melarang serta menjatuhkan hukuman yang menurut penilaiannya tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.
- Tanggung jawab Umpire
- Pergantian Umpire
- Keputusan Umpire
- Lama permainan
Lama pertandingan dalam softball ditentukan dengan inning. Satu inning adalah satu kali menjadi regu penjaga dan satu kali menjadi regu pemukul. dalam permainan resmi, lama permainan adalah 7 inning.
- Jumah pemain
Setiap regu dalam permainan softball berjumlah 9 orang dengan pemain cadangan 5-7 orang.
- Pertukaran tempat
Terjadi perubahan tempat apabila regu penjaga dapat mematikan regu pemukul sebanyak 3 kali.
- Nilai
Nilai yang diperoleh apabila pemukul berhasil kembali ke ruang bebas, atas pukulan sendiri atau  pukulan teman.

2.7 Atlet Nasional Maupun Dunia
Ø  Atlet Softball
Tony Pratono dilahirkan di kawasan Karet Kuningan, Jakarta Pusat pada 9 November 1968. Ia memulai membela Tim Nasional Indonesia ketika berumur 19 Tahun di Sea Games Jakarta 1987.  Ia Alumni SMP 20 dan SMA 87 Jakarta dan mendapat gelar Sarjana Ekonomi Perbanas Ia sempat ikut dalam seleksi Tim Nasional Tahun 1986 namun gagal apalgi pada tahun itu ia terkena cedera yang parah. Namun dengan kegagalan itu ia justru giat berlatih. Setiap pagi ia berlatih dirumah dan setiap sore ia berlatih di Cemara 3 atau Pintu 2 Senayan. Setiap Bangun pagi ia selalu melakukan push-up sit up dan back-up masing – masing 100 kali. Dan kerja kerasnya ini terbayar ketika ia lolos seleksi Tim Nasional Pada Tahun 1987. Di usia 19 tahun banyak yang meragukan ia ketika ia terpilih menjadi Tim Nasional Senior, banyak yang mengatakan “ Tony anak ingusan” namun justru itu yang membuat dia ingin membuktikan dirinya pantas untuk menjadi Tim Nasional Sofbol. Pada Seagames 1987 Indonesia hanya mendapatkan medali perak setelah dikalahkan Philiphina, namun pada saat itu penampilan Tony Pratono mendapat banyak pujian termasuk dari Posadas, Pitcher utama Philiphia Posados megatakan kepada wartawan Tabloid Bola “ Tapi saya lihat ada juga pemain di tim Anda yang punya masa depan baik, dan ia menunjuk salah satu pemain junior yaitu Tony Pratono “ Terbukti pada tahun 1988 ia menjadi pemain pertama Indonesia yang terpilih sebagai the best hitter di Asia Tenggara. Dan semenjak itu yang sering mendapatkan gelar dalam setiap kejuaran, ia juga pernah melakukan 8 kali home run dalam 7 pertandingan, dan itu merupakan sejarah bagi sofbol Indonesia, karena hingga saat ini belum ada pemain yang berhasil meyamai beliau. Prestasi lainnya adalah ketika  Tony Pratono berhasil menembus liga sofbol Selendia Baru, ini semakin membuktikan bahwa ia memang pesofbol Indonesia yang istimewa. Tidak pernah terbayangkan sebelumnya, pemain Indonesia yang tidak dikenal di dunia dapat masuk menjadi pemain inti di liga sofbol professional Selendia Baru, yang merupakan sarangnya pemain dunia. Karena Banyaknya prestasi ini lah Gramedia Membuatkan Buku Kisah Hidup Tony Pratono yang diluncurkan tahun 2009 dengan judul “ Home Run “.
Tony Pratono menikah pada tahun 2000, dan perempuan yang dinikahi adalah Vintiarini Laksmi, ia memiliki dua orang anak yaitu Savana Orcaputri Pratono dan Febrina Kinanta Pratono. Tony memutuskan pensiun dari dunia sofbol pada tahun 2008 setelah PON Kaltim dan mengantarkan DKI Jakarta merebut medali emas. Tony mengungkapkan  “ Selama 27 tahun sejak tahun 1981 hingga PON 2008, ada benang merah yang terus saya pegang dalam menjalani hidup, kerja keras, disiplin, terus belajar dan dukungan keluarga menjadi kunci sukses yang saya pikir bisa dijadikan benchmark bagi para olahragawan muda, termasuk atlet – atlet muda sofbol

Beberapa Prestasi Tony Pratono
Ø  1986 All star team ( 3rd baseman ) Kejurnas Junior Jakarta
Ø  1987 Best Hitter & Slugger Seleknas Surabaya
Ø  1987 Best Hitter & Slugger Seleknas Jakarta
Ø  1987 Perak Sea Games Jakarta
Ø  1987 All star team ( Catcher ) Kejurnas Junior Jakarta
Ø  1988 Best Slugger & HomeRun Kejurnas Jakarta
Ø  1988 Best Hitter ASEAN Softball Philipina
Ø  1989 Best Slugger UGM Cup seINA Yogjakarta
Ø  1989 Best Slugger & RBI Invitasi softball seINA Semarang
Ø  1989 Best Slugger & RBI Pancasila Cup Jakarta
Ø  1989 Best Slugger Pramboors Cup I Jakarta
Ø  1989 Perak PON 12 Jakarta
Ø  1990 Best Slugger & RBI Antar club se INA Bandung
Ø  1990 Emas Asean University Bandung
Ø  1990 Best Slugger,RBI & HomeRun UGM Cup Yogja
Ø  1990 Best Slugger,RBI & HomeRun UGM Cup Yogjakarta
Ø  1991 Best Slugger Rimbawan I Jakarta
Ø  1991 Best Slugger New Year Marathon Jakarta
Ø  1991 Best Slugger,Hitter,RBI,HR Invitasi 4 besar Bandung
Ø  1991 Perak Sea Games Philipina
Ø  1992 Best Slugger,RBI&Homerun Rimbawan II Jakarta
Ø  1992 Best Hitter Hawks Cup Surabaya
Ø  1992 Best Slugger & Homerun Trisakti Cup Jakarta
Ø  1993 Best Home Run TAWA softball New Zealand
Ø  1993 Best Performance TAWA softball New Zealand
Ø  1993 All Star Team ( Short stop ) SEA Tournament Jakarta
Ø  1993 MVP Caltex Cup Rumbai
Ø  1993 Emas PON 13 Jakarta
Ø  1993 Best Slugger & Hitter Maluku cup Jakarta
Ø  1993 All Star Team ( Short Stop ) Singapore Slowpitch Singapore
Ø  1994 Home Run King Sea Tournament Jakarta
Ø  1994 All Star Team ( Short Stop ) SEA Tournament Jakarta
Ø  1993 All Star Team ( Short Stop ) Singapore Slowpitch Singapore
Ø  1996 Best Slugger Pra PON Jakarta
Ø  1996 Emas PON 14 Jakarta
Ø  1996 All Star Team ( Short Stop ) SEA Tournament Jakarta
Ø  1997 All Star Team ( Short Stop ) SEA Tournament Jakarta
Ø  1997 Medali Emas Sea Games Jakarta
Ø  1997 Medali Emas Arafuru Games (vs Australia 6-0)
Ø  1998 All star team ( Short Stop ) Singapore Cup Singapore
Ø  1999 Best Slugger , RBI & Pitcher Prambors Cup Jakarta
Ø  2000 MVP , Most HR Sea Tournament Jakarta
Ø  2000 All Star Team ( Short Stop ) Bangkok Slowpitch Thailand
Ø  2000 All Star Team ( Short Stop ) SEA Tournament Jakarta
Ø  2000 Emas PON 15 Surabaya
Ø  2001 All star team ( Short Stop ) Bangkok Slowpitch Thailand
Ø  2002 All Star Team ( Short Stop ) SEA Tournament Jakarta
Ø  2004 Emas PON 16 Palembang
Ø  2004 All Star Team ( Short Stop ) Bangkok Slowpitch Thailand
Ø  2004 MVP Liga Indonesia I Jakarta
Ø  2005 All Star Team ( Short Stop ) SEA Tournament Jakarta
Ø  2006 Best Pitcher Kompetisi antar club Jakarta
Ø  2006 Best Slugger Liga Indonesia II Bandung
Ø  2007 All Star Team ( Short Stop ) SEA Tournament Jakarta
Ø  2008 Medali Emas PON 17 Kaltim
Ø  Atlet Lompat Jauh
Maria Natalia Londa (lahir 29 Oktober 1990 di Denpasar) adalah atlet lapangan Indonesia yang bersaing dalam lompat jauh dan lompat ganda. Dia mewakili Indonesia di World Championships in Athletics di tahun 2007 dan telah muncul sekali di Asian Games (2014). Dia memenangkan medali emas pada Asian Games 2014 di lompat jauh. Dia juga memenangkan dua medali emas di Southeast Asian Games 2013.
Gold
Gold
Gold
Silver
Long jump
Silver
Triple jump


Ø  Atlet Senam Lantai
Chrystalleni Trikomiti (Lahir 30 November 1993) adalah seorang atlet senam lantai dari Cyprus. Trikomiti Pada tahun 2010 Commonwealth Games di Delhi, India, dia meledak ke adegan ketika dia memenangkan dua medali emas, satu medali perak, dan dua medali perunggu. Khususnya, penampilan akhirnya dan kedua medali emas pemenang acara memiliki rating kesulitan 8,85, peringkat keterampilan artistik 8,5, dan rating pelaksanaan 8,5, produktif dia skor total 25,8 dan standing ovation dari penonton. Chrystalleni nyaris mendapat Gold di sepanjang kinerja ketika ia menjatuhkan bola. Saat ini ia diikat dengan Naazmi Johnston (AUS) dengan 75,425 poin tapi drop biaya nya Gold dan dia selesai dengan Silver. Pada tanggal 14 Oktober, pada upacara penutupan Commonwealth Games 2010, Chrystalleni dihormati dengan tanggung jawab membawa Siprus bendera di depan 60.000 penonton yang hadir. Dia selesai 19 di kualifikasi di Olimpiade 2012.




BAB III
PENUTUPAN

3.1 Kesimpulan
Faktor lapangan, lapangan permainan Softball tidak terlalu luas, berupa lapangan 4 x 20 meter lebar sisinya (60 feet). Walaupun sudah ada ukuran lapangan tersendiri, tetapi ukuran tersebut dapat diperkecil untuk berlatih dalam permainan ini. Faktor orang, Softball dapat dimainkan oleh setiap orang, tidak memandang usia, baik pria maupuan wanita.
Lompat  jauh  merupakan  salah  satu nomor lompat dari cabang olahraga atletik. Lompat jauh menurut Aip Syarifuddin (1992 : 90) didefinisikan sebagai suatu bentuk gerakan melompat, mengangkat kaki keatas kedepan dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin diudara (melayang diudara) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.
Senam lantai merupakan olahraga yang mengandalkan aktivitas seluruh anggota tubuh yang mengacu pada gerak yang dilakukan secara terpadu untuk mencapai kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelentukan, kelincahan, dan ketepatan.

3.2 Saran
Dari penulisan makalah ini , penulis berharap agar permainan olahraga softball ini dapat berkembang terus dan dapat menorehkan hasil yang bagus di dunia olahraga internasional khususnya di cabang olahraga softball. Dan untuk sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi agar mengadakan atau memfasilitasi olahraga ini.

DAFTAR PUSTAKA
http://softball-ina.blogspot.com/2003_12_01_softball-ina_archive.html

KATA PENGANTAR

Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya lah, Makalah ini dapat terselesaikan dengan baik, tepat pada waktunya. Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan di tahun ajaran 2014, dengan judul “Makalah Tentang Permainan Softball, Lompat Jauh, dan Senam Lantai”. Dengan membuat tugas ini kami diharapkan mampu untuk lebih mengenal tentang permainan softball, lompat jauh dan senam lantai.

Kami sadar, sebagai seorang pelajar yang masih dalam proses pembelajaran, penulisan makalah ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang bersifat positif, guna penulisan karya ilmiah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Harapan kami, semoga makalah yang sederhana ini, dapat memberi manfaat tersendiri bagi teman-teman sekalian.



Bulukumba, 26 November 2014

Tim Penyusun

DAFTAR ISI

Kata Pengantar……………………………………………………………………... i
Daftar Isi…………………………………………………………………………… ii
                                                                                                                                          
BAB 1 PENDAHULUAN………………………………………………………… 1
1.1  Latar Belakang…………………………………………………………. 1
1.2  Rumusan Masalah……………………………………………………… 1
1.3  Tujuan Penulisan……………………………………………………….. 2
BAB 2 PEMBAHASAN…………………………………………………………... 3
2.1 Sejarah Olahraga Softball dan Atletik………………………….…….... 3
2.2 Pengertian Softball, Lompat Jauh, dan Senam Lantai............................  4
2.3 Mengenal Olahraga Softball, Lompat Jauh ……………………..…….. 5
2.4 Lapangan Permainan Softball………………………………………….. 7
2.5 Tata Cara Permainan Softball……...…………………………………... 8
2.6 Teknik Dasar Permainan Softball……...………………………………. 9
2.7 Atlet Nasional Maupun Dunia…………………………………………. 12

BAB 3 PENUTUP…………………………………………………………………. 17
3.1 Kesimpulan…………………………………………………………….. 17
3.2 Saran………………………………………………………………….... 17
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………            18


Disusun Untuk Memenuhi Tugas
Mata Pelajaran Penjaskes
Kelas X AKUNTANSI 1
D
I
S
U
S
U
N
Oleh:

1)  Irma Triyani Yahya (13)
2)  Jesika Jafar (14)
3)  Kiki Reski Awaliyah (15)

SMK NEGERI 1 BULUKUMBA
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan jejak sobat Blogger, jangan jadi Silent Reader --