Kamis, 25 April 2013

Contoh Proposal Pameran dan Pergelaran Seni


KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan berkat, rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kita semua sehingga kita senantiasa mendapatkan nikmat sehat. Dan tak lupa shalawat serta salam senantiasa tercurah bagi Nabi besar junjungan kita semua yang agung Nabi Muhammad SAW. Yang semoga senantiasa mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT. Amin.

Pada kesempatan ini, kami membuat laporan ini dengan tujuan agar dapat dibaca dan dipelajari oleh teman-teman semua. Laporan ini kami buat sesederhana mungkin agar dapat dipelajari oleh para pembacanya dengan lebih mudah. Proposal ini sebagai bentuk untuk menggambarkan rancangan
kegiatan pameran seni rupa yang akan kami selenggarakan. Di dalam proposal ini kami memaparkan semua yang  berhubungan dengan penyelenggaraan pameran seni rupa. Kami juga berharap laporan ini akan menambah wawasan bagi pembacanya. Semoga saja dapat menjadi inspirasi dan mampu memberikan banyak manfaat yang lain.
Dengan latar belakang itulah kami menyusun laporan ini, dengan harapan agar laporan ini dapat bermanfaat bagi pembacanya.

Penulis berusaha sebaik mungkin dalam penyusunan proposal ini. Dan mohon maaf apabila terdapat banyak kesalahan dalam penyusunan proposal ini, untuk itu saran dan kritik yang bersifat membangun sangat penulis harapkan.


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I  : PENDAHULUAN
A.  LATAR BELAKANG
B.   MAKSUD DAN TUJUAN
C.   MANFAAT KEGIATAN
BAB II  : ISI
A.  JENIS KEGIATAN
B.   TEMPAT DAN WAKTU KEGIATAN
C.   SUSUNAN PANITIA
D.  PERSIAPAN DAN PERENCANAAN KEGIATAN
E.   PENGUNJUNG
F.    PEMBIAYAAN
BAB III: PENUTUP
SALAM PENUTUP


BAB 1
PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG
Seni biasa diartikan sebagai sebuah keindahan yang timbul lewat kreatifitas seseorang. Terkadang, seni bisa membuat seorang penikmatnya merasakan suatu kebahagiaan dan kepuasan diri. Seni memang memiliki beberapa manfaat bagi  pelakunya sendiri ataupun bagi orang yang hanya bertindak sebagai penikmat (konsumen).

Beberapa pelaku seni (seniman) memiliki kepuasan tersendiri jika telah berhasil membuat sebuah karya seni walaupun karya seni itu tidak diketahui oleh orang banyak. Namun ,tidak sedikit juga para seniman yang lebih merasa puas jika karya seninya dapat dikenal oleh banyak orang. Pada zaman sekarang ini, seniman yang ingin memperkenalkan karya seninya pada khalayak ramai biasanya mengadakan sebuah pameran, baik pameran tunggal maupun pameran bersama.

Jauh sebelum terciptanya tradisi berpameran, seorang seniman akan berkunjung ke rumah-rumah audiensnya untuk menghantarkan pesan dalam bentuk karya seni rupa. Namun, kini para seniman dapat memperlihatkan atau mempertontonkan karya seninya pada audiensnya dengan lebih mudah melalui pameran karya seni.

Kreasi dan apresiasi seni dari kalangan siswa hendaknya harus kita tingkatan guna menciptakan generasi muda yang mandiri, kreatif, dan inovatif dalam suatu kegiatan seni yang nyata dalam lingkungan sekolah. Sebuah pameran dan pergelaran dapat menjadi kegiatan alternatif yang di wujudkan dalam usaha membangkitkan motivasi siswa dalam apresiasi seni.

B.   MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN
Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan kami yang berkaitan dengan bidang kerja atau jurusan yang kami tekuni. Kami berharap dengan adanya kegiatan kunjungan pameran ini kami dapat meningkatkan keatifitas kami sehingga kami dapat menciptakan karya yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan melihat karya dari orang-orang yang lebih pandai dari kami, tentunya kami akan belajar untuk dapat menjadi lebih baik.

Beberapa tujuan kami membuat kegiatan ini:
1.    Memberikan wadah bagi siswa terhadap karya seni.
2.    Meningkatkan apresiasi siswa terhadap karya seni.
3.    Memberikan motivasi siswa dalam berprestasi.
4.    Meningkatkan kemampuan berkarya.

C.  MANFAAT KEGIATAN
Kegiatan ini tentunya akan sangat bermanfaat dalam mempelajari hal-hal baru untuk menjadikan pengetahuan lebih maju. Kegiatan ini juga menunjukkan kalau kita adalah anakmuda yang masih sangat perduli dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat semacam ini.

Dan tentunya masih banyak manfaat lain yang sangat menguntungkan bagi kita. Seorang siswa dapat memperkenalkan karyanya kepada masyarakat baik di lingkungan sekolah ataupun masyarakat umum untuk dilihat, dinilai, dikagumi, maupun dikritik.


BAB 2
PEMBAHASAN

A.  JENIS KEGIATAN
Pameran Seni Rupa SMP NEGERI 1 BULUKUMBA

B.   TEMPAT DAN WAKTU KEGIATAN 
Pameran ini akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal           : Minggu, 07 April 2013
Waktu                     : Pukul 09.00 WITA s.d selesai
Tempat                    : AULA SMPN 1 BULUKUMBA

C.  SUSUNAN PANITIA
1.      Penanggung Jawab                    : Aliarman S,pd
2.      Penasihat                                   : Febriani Amir
3.      Ketua                                        : Irma Triyani Yahya
4.      Wakil Ketua                              : Vivi Aulia Mutiara
5.      Sekretaris                                  : Nindy Haris Putri
6.      Bendahara                                 : Zakiah Harris
7.      Seksi Perlengkapan                   : Dimas Ananda
8.      Seksi Dokumentasi                   : Ahmad Haris Syaf
9.      Seksi Humas dan Publikasi       : Isyra Saputra
10.  Seksi Transportasi                     : Syarif Alma’arif
11.  Seksi Konsumsi                                    : Muh. Aswatul Fatanah
12.  Seksi P3K                                 : Ariyani Husain

D.  PERSIAPAN DAN PERENCANAAN KEGIATAN
Kegiatan dipersiapkan dengan matang oleh seluruh panitia dengan dibantu oleh guru pembimbing. Karya-karya yang bagus akan diseleksi dan dipamerkan untuk mendapatkan apresiasi dari pengujung.

E.   PENGUNJUNG
Pengunjung yang dimaksud dari kegiatan pameran ini adalah siswa/siswi dari SMPN 1 BULUKUMBA atau Sekolah lain dan beberapa pengunjung dari berbagai tempat.

F.   PEMBIAYAAN
1)   Sumber dana (Dana Masuk)
No
SUMBER DANA
Perhitungan
Jumlah
1
Iuran Siswa
30 Siswa x Rp. 5.000
Rp.     150.000
2
Bantuan Sekolah
Rp.     100.000
3
Dana OSIS
Rp.     100.000
4
Donatur
Rp.     100.000
JUMLAH
Rp.     450.000

2)   Penggunaan dana (Dana Keluar)
No
Jernis kebutuhan
Perhitungan
Jumlah Uang
1
Administrasi
Rp.    100.000
2
Dokumentasi
100 x Rp. 1.000
Rp.    100.000
3
Publikasi
Rp.      50.000
4
Dekorasi
Rp.      50.000
5
Perlengkapan
Rp.      50.000
6
Lain-lain
Rp.    100.000
JUMLAH
Rp.    450.000


BAB 3
PENUTUP

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang berkenan memberikan rahmatnya kepada  kita semua juga atas berkat dan hidayah-Nya kami dapat melaksanakan pagelaran pameran karya seni rupa ini. Saya sangat berharap pameran ini dapat menjadi contoh yang baik bagi adik maupun kakak kelas sehingga kelak dapat melaksanakan kegiatan yang sama namun sempurna dari ini dan jadilah murid yang penuh kreatifitas dalam berkarya.

Demikianlah proposal pagelaran pameran Karya seni SMPN 1 Bulukumba. saya berharap Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Akhir kata saya ucapkan terima kasih


NAMA           : IRMA TRIYANI YAHYA
KELAS          : VIII.3
NO.URUT     : 06
NIS               : 06791
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak sobat Blogger, jangan jadi Silent Reader --